STRATEGI IMPLEMENTASI PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH (BDR) DI RA AL-MARKAZ BONGAS SUBANG

Salsabila, NIM. 17104030008 (2021) STRATEGI IMPLEMENTASI PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH (BDR) DI RA AL-MARKAZ BONGAS SUBANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI IMPLEMENTASI PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH (BDR) DI RA AL-MARKAZ BONGAS SUBANG)
17104030008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI IMPLEMENTASI PROGRAM BELAJAR DARI RUMAH (BDR) DI RA AL-MARKAZ BONGAS SUBANG)
17104030008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pandemi covid-19 mengakibatkan perubahan berbagai aspek kehidupan termasuk aspek pendidikan. Perubahan yang terjadi dalam aspek pendidikan termasuk model pembelajaran. Model pembelajaran dalam kelas berubah menjadi model pembelajaran online. Pembelajaran ini dilaksanakan dari rumah yang disebut Belajar Dari Rumah (BDR). Pelaksanaan BDR dapat berhasil, apabila strategi yang digunakan tepat. Tujuan penelitian mengkaji strategi implementasi program belajar dari rumah (BDR) di RA Al-Markaz Bongas, Subang. Metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian satu kepala sekolah, satu guru, dan lima orang tua murid. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahapan reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan menggunakan triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, strategi implementasi program BDR ada perubahan strategi pelaksanaan tugas guru sebagai perencana dan penilaian hasil pembelajaran, sedangkan untuk tugas pelaksaaan pembelajaran dibantu oleh orang tua murid dengan memberikan suasana yang nyaman untuk kegiatan belajar anak, dan orang tua bisa mengetahui potensi perkembangan anak secara langsung. Kedua, kelebihan strategi implementasi program belajar dari rumah yaitu biaya lebih hemat, dapat diakses dengan mudah, tidak terbatas ruang dan waktu, lebih personal, mengenali potensi, dan sebagainya. Kekurangan strategi implementasi program belajar dari rumah yaitu berkurangnya interaksi sosial secara langsung, daerah terpencil dan ekonomi rendah, kurang mampu dalam menggunakan media masa (Televisi) dan buku tema sebagai infrastruktur untuk memfasilitasi proses belajar anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sigit Purnama, S.Pd.I., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Strategi, Proses Pembelajaran, Implementasi Program BDR.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Feb 2022 14:41
Last Modified: 17 Feb 2022 14:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49364

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum