INOVASI SOSIAL DI ERA PANDEMI COVID-19: STRATEGI GULING (GURU KELILING) DALAM MENGHADAPI MOBILITAS TERBATAS DI DESA GENTASARI

Muhammad Najib Islahul Umam, NIM.: 17102030079 (2022) INOVASI SOSIAL DI ERA PANDEMI COVID-19: STRATEGI GULING (GURU KELILING) DALAM MENGHADAPI MOBILITAS TERBATAS DI DESA GENTASARI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INOVASI SOSIAL DI ERA PANDEMI COVID-19: STRATEGI GULING (GURU KELILING) DALAM MENGHADAPI MOBILITAS TERBATAS DI DESA GENTASARI)
17102030079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (INOVASI SOSIAL DI ERA PANDEMI COVID-19: STRATEGI GULING (GURU KELILING) DALAM MENGHADAPI MOBILITAS TERBATAS DI DESA GENTASARI)
17102030079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran merupakan kegiatan belajar bagi murid dan mengajar yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini bertujun untuk mendiskripsikan inovasi sosial di era pandemi covid-19 yang dilakukan oleh guru di SD Negeri Gentasari sebagai upaya menghadapi adanya pembatasan skala besar di Desa Gentasari akibat adanya pandemi covid-19 yang berlokasi di SD Negeri Gentasari 05. Penelitian ini merupakan penelitian dengan model penelitian deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Selanjutnya pengujian data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber, kemudian penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu inovasi sosial yang dilakukan oleh guru SD Negeri Gentasari 05 dengan mencanangkan strategi-strategi pembelajaran model baru di era pandemi covid-19 guna menghadapi adanya pembatasan mobilitas sosial akibat adanya pandemi covid-19. Para guru memiliki peran yang sangat besar dalam hal ini, beberapa bukti peran yang dilakukan oleh guru yaitu dengan mengadakan pembelajaran daring, pembelajaran guling (guru keliling) dan pembelajaran luring. Guling (guru keliling) menjadi alternatif yang sangat bagus karen terdapat manfaat yang datang untuk murid dan bagi guru sendiri. Selanjutnya adaptasi yang dilakukan oleh murid berbeda-beda karena sifat anak anak dalam kepekaan rasa berbeda. Adapun cara murid beradaptasi yaitu dengan terus mengikuti jam pelajaran yang ada, keinginan dari diri untuk terus belajar dan faktor utamanya adalah strategi dan upaya guru serta pembawaan yang dapat menarik hati para murid dalam kegiatan pembelajaran di era pandemi covid ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Abdur Rozaki, S.Ags, M.Si
Uncontrolled Keywords: guru keliling; perangkat sekolah; pendidikan masyarkat; pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 18 Feb 2022 10:13
Last Modified: 18 Feb 2022 10:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49370

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum