STRATEGI DAN PERAN AKTOR DALAM PENGELOLAAN LAHAN PASCA BANJIR SUNGAI OPAK MELALUI PROSES PEMBERDAYAAN EKONOMI STUDI WISATA TAMAN PELANGI DUSUN BEMBEM

Aldi Gunawan, NIM.: 17102030086 (2022) STRATEGI DAN PERAN AKTOR DALAM PENGELOLAAN LAHAN PASCA BANJIR SUNGAI OPAK MELALUI PROSES PEMBERDAYAAN EKONOMI STUDI WISATA TAMAN PELANGI DUSUN BEMBEM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI DAN PERAN AKTOR DALAM PENGELOLAAN LAHAN PASCA BANJIR SUNGAI OPAK MELALUI PROSES PEMBERDAYAAN EKONOMI STUDI WISATA TAMAN PELANGI DUSUN BEMBEM)
17102030086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI DAN PERAN AKTOR DALAM PENGELOLAAN LAHAN PASCA BANJIR SUNGAI OPAK MELALUI PROSES PEMBERDAYAAN EKONOMI STUDI WISATA TAMAN PELANGI DUSUN BEMBEM)
17102030086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Desa wisata merupakan sebuah desa yang dijadikan tempat wisata karena terdapat daya tarik yang di miliki desa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi dan peran aktor dalam proses mengembangkan Desa Wisata Taman Pelangi Dusun Bembem, Trimulyo, Jetis Bantul. Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriftif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini diantaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat dalam mengembangkan Desa Wisata Taman Pelangi Dusun Bembem memiliki permodalan, pelatihan, jaringan dan pemasaran. Permodalan dalam penelitian ini bersumber dari: iuran masyarakat, penyewaan fasilitas Taman Pelangi dan biaya retribusi. Pelatihan yang dilakukan yaitu: pelayanan terhadap pelanggan, penguatan kepengurusan, serta pelatihan soft skill kewirausahaan masyarakat. Jaringan dalam penelitian ini yaitu: melakukan kerjasama dengan instansi pendidikan dan menjalin relasi dngan desa wista lain. Sedangkan pemasaran yang di lakukan yaitu: memanfaatkan media sosial sebagai media pemasaran dan Word of mouth marketing. Hasil penelitian ini juga memiliki Manfaat strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat dalam mengembangkan Desa Wisata Taman Pelangi Dusun Bembem. Manfaat yang di dapatkan yaitu memajukan Desa Wisata Taman Pelangi Bembem, meningkatkan perekonomian masyarakat Bembem yang ikut serta dalam pengelolaan Desa Wisata Taman Pelangi Bembem serta dapat memberdayakan organisasi Pokdarwis Taman Pelangi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Aminah S.Sos.I ., M.Si
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan masyarakat; ekonomi masyarakat; Dusun Bembem; wisata
Subjects: Ekonomi Masyarakat
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 18 Feb 2022 10:12
Last Modified: 18 Feb 2022 10:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49377

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum