EKSISTENSI DIRI TOKOH UTAMA PEREMPUAN DALAM NOVEL BANAT AR-RIYAD KARYA RAJA’ ‘ABD ALLAH AS-SANI’ (KAJIAN KRITIK SASTRA FEMINIS)

Heni Alliana, NIM.: 17201010011 (2022) EKSISTENSI DIRI TOKOH UTAMA PEREMPUAN DALAM NOVEL BANAT AR-RIYAD KARYA RAJA’ ‘ABD ALLAH AS-SANI’ (KAJIAN KRITIK SASTRA FEMINIS). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSISTENSI DIRI TOKOH UTAMA PEREMPUAN DALAM NOVEL BANAT AR-RIYAD KARYA RAJA’ ‘ABD ALLAH AS-SANI’ (KAJIAN KRITIK SASTRA FEMINIS))
17201010011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EKSISTENSI DIRI TOKOH UTAMA PEREMPUAN DALAM NOVEL BANAT AR-RIYAD KARYA RAJA’ ‘ABD ALLAH AS-SANI’ (KAJIAN KRITIK SASTRA FEMINIS))
17201010011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi diri tokoh utama perempuan dalam novel Banāt ar-Riyāḍ karya Raja>’ ‘Abd Alla>h As}-S}a>ni’. Eksistensi diri adalah bagian dari kajian kritik sastra feminis. Tokoh utama perempuan memilih eksistensi diri sebagai bentuk dari kesadaran mereka akan kehidupannya yang tertindas. Terdapat dua rumusan masalah yang diangkat dalam tesis ini, yaitu: (1) bagaimana bentuk ketertindasan tokoh utama perempuan dalam teks novel tersebut?, (2) bagaimana tokoh utama perempuan berupaya mengeksistensikan diri sebagai bentuk penolakan terhadapan penindasan perempuan?. Penelitian ini berjenis library research dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan feminisme. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk menguraikan masalah yang diteliti dengan menggambarkan keadaan objek penelitian sebagaimana adanya secara cermat. Pendekatan feminisme digunakan untuk mengurai permasalahan yang dialami oleh tokoh utama perempuan dalam novel serta menemukan bentuk-bentuk perlawanan mereka terhadap sistem masyarakat patriarkhi Arab dalam novel Banāt ar-Riyāḍ. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) tokoh utama perempuan dalam novel adalah perempuan Arab modern, berkelas, dan berpendidikan serta mengalami ketertindasan, bias gender, (2) tokoh utama perempuan mengeksistensikan dirinya dengan menjadi the ‘other’ dan menolak menjadi the ‘other’.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Moh Kanif Anwari, S. Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Feminis, Eksistensi diri, Banāt ar-Riyad
Subjects: Gender
Bahasa Arab > Bahasa Arab Tatabahasa - Sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Feb 2022 10:50
Last Modified: 18 Feb 2022 10:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49383

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum