PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID TEMA 7 SUBTEMA 1 “KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU” UNTUK KELAS IV MI/SD

Laili Nur Azizah Mutiati, NIM.: 17104080045 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID TEMA 7 SUBTEMA 1 “KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU” UNTUK KELAS IV MI/SD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID TEMA 7 SUBTEMA 1 “KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU” UNTUK KELAS IV MI/SD SKRIPSI)
17104080045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID TEMA 7 SUBTEMA 1 “KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU” UNTUK KELAS IV MI/SD SKRIPSI)
17104080045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini: (1) menghasilkan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android, (2) memperoleh media pembelajaran interaktif berbasis android yang layak, dan (3) mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif berbasis android yang dikembangkan. Jenis penelitian ini penelitian R&D (Research and Development) dengan prosedur mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Subjek coba pada penelitian ini meliputi para ahli, guru kelas IV MI/SD, peer reviewer (teman sejawat), dan peserta didik kelas IV MI/SD. Data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif yang terdiri dari validasi para ahli, guru kelas, dan peer reviewer menggunakan angket serta data kualitatif melalui wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini: (1) menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berbasis android dengan karakteristik yang terdiri dari proses meliputi analisis (analysis), perancangan (design), dan pengembangan (development), serta produk dengan karakteristik berupa aplikasi pembelajaran interaktif memuat gambar, video, dan audio yang dapat dioperasikan dengan sistem operasi android minimal versi 7.0 Nougat, dan dapat dijalankan secara online dan offline tanpa jaringan data; (2) media yang dikembangkan memperoleh kategori Sangat Layak digunakan berdasarkan validasi ahli media dengan persentase 90 %, ahli materi dengan persentase sebesar 88 %, guru kelas IV MI/SD sebesar 99,16 %, dan peer reviewer sebesar 95,33 %; (3) berdasarkan pengujian terhadap 10 peserta didik kelas IV MI/SD didapatkan respon Sangat Positif dengan persentase 99%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Andika Yahya Putra, M.Or.,
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran interaktif, Android, MIT App Inventor
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Feb 2022 11:24
Last Modified: 21 Feb 2022 11:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49420

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum