MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MEMBANGUN TIM YANG SOLID UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MI NURUL ULUM KRETEK BANTUL

Sella Astia, NIM. 17104090004 (2022) MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MEMBANGUN TIM YANG SOLID UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MI NURUL ULUM KRETEK BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MEMBANGUN TIM YANG SOLID UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MI NURUL ULUM KRETEK BANTUL)
17104090004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MEMBANGUN TIM YANG SOLID UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MI NURUL ULUM KRETEK BANTUL)
17104090004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kualitas tenaga didik ditentukan bagaimana sekolah tersebut mengelola sumber daya manusia di sekolah tersebut. Tujuan penelitan ini yaitu untuk mengetahui pengelolaan manajemen sumber daya manusia dalam membangun tim yang solid di MI Nurul Ulum Kretek Bantul dan faktor pendukung dan penghambat serta upaya dalam meningkatkan tenaga pendidik.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, objek dalam penelitian ini adalah MI Nurul Ulum Kretek Bantul terkait manajemen sumber daya manusia dalam membangun tim yang solid untuk meningkatkan kinerja guru di MI Nurul Ulum Kretek Bantul. Teknik Pengambilan sample menggunakan purposive sampling dan snowball samping berdasarkan prinsip, yaitu memahami, mengalami dan mengetahui. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen sumber daya manusia dalam membangun tim yang solid untuk meningkatkan kinerja sudah dilaksanakan dengan baik yang meliputi: pertama, Perencanaan dengan memilih sumber daya manusia yang berkualitas untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Kedua, Pengorganisasian dilakukan degan cara berdiskusi lalu menempatkan sumber daya manusia itu sesuai dari kemampuan anggota masing-masing dan melaku rapat di awal tahun ajaran baru. Ketiga, Pengarahan di MI Nurul Ulum sudah membentuk tim yang solid dilakukan dengan memberikan kepercayaan dengan tugas yang diberikan kepada pegawai / tim dan Kepala madrasah meyankinkan tim untuk percaya diri dalam menjalankan tugas-tugasnya. Keempat, evaluasi, di lakukan berkaitan dengan proses untuk menentukan nilai dari suatu hal. Evaluasi juga memberikan saran pada program-program yang akan dijalanlakan di MI Nurul Ulum. Kelima, peningkatan dalam mengembangkan tim yang solid dengan memberikan kesempatan untuk mengembangkan kompetensi dilakukan melalui, workshop, pelatihan dan rapat atau mengikutkan ke seminar. Faktor pendukung yaitu adanya motivasi dan memiliki satu misi dan tenaga berkualifikasi yang memiliki fashion di bidang pendidikan dalam mengembangkan MI Nurul Ulum. Faktor pengambat masih masih minimnya sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ahmad Arifi, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Kualitas tenaga didik ditentukan bagaimana sekolah tersebut mengelola sumber daya manusia di sekolah tersebut. Tujuan penelitan ini yaitu untuk mengetahui pengelolaan manajemen sumber daya manusia dalam membangun tim yang solid di MI Nurul Ulum Kretek Bantul dan faktor pendukung dan penghambat serta upaya dalam meningkatkan tenaga pendidik.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, objek dalam penelitian ini adalah MI Nurul Ulum Kretek Bantul terkait manajemen sumber daya manusia dalam membangun tim yang solid untuk meningkatkan kinerja guru di MI Nurul Ulum Kretek Bantul. Teknik Pengambilan sample menggunakan purposive sampling dan snowball samping berdasarkan prinsip, yaitu memahami, mengalami dan mengetahui. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen sumber daya manusia dalam membangun tim yang solid untuk meningkatkan kinerja sudah dilaksanakan dengan baik yang meliputi: pertama, Perencanaan dengan memilih sumber daya manusia yang berkualitas untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Kedua, Pengorganisasian dilakukan degan cara berdiskusi lalu menempatkan sumber daya manusia itu sesuai dari kemampuan anggota masing-masing dan melaku rapat di awal tahun ajaran baru. Ketiga, Pengarahan di MI Nurul Ulum sudah membentuk tim yang solid dilakukan dengan memberikan kepercayaan dengan tugas yang diberikan kepada pegawai / tim dan Kepala madrasah meyankinkan tim untuk percaya diri dalam menjalankan tugas-tugasnya. Keempat, evaluasi, di lakukan berkaitan dengan proses untuk menentukan nilai dari suatu hal. Evaluasi juga memberikan saran pada program-program yang akan dijalanlakan di MI Nurul Ulum. Kelima, peningkatan dalam mengembangkan tim yang solid dengan memberikan kesempatan untuk mengembangkan kompetensi dilakukan melalui, workshop, pelatihan dan rapat atau mengikutkan ke seminar. Faktor pendukung yaitu adanya motivasi dan memiliki satu misi dan tenaga berkualifikasi yang memiliki fashion di bidang pendidikan dalam mengembangkan MI Nurul Ulum. Faktor pengambat masih masih minimnya sumber daya manusia.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Feb 2022 11:25
Last Modified: 21 Feb 2022 11:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49421

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum