DAMPAK KEBERADAAN OBJEK WISATA BUKIT KAPUR SETIGI DALAM MEMAJUKAN EKONOMI DESA SEKAPUK KECAMATAN UJUNGPANGKAH KABUPATEN GRESIK

Novita Mawaddatun Nisa’, NIM.: 17107020005 (2021) DAMPAK KEBERADAAN OBJEK WISATA BUKIT KAPUR SETIGI DALAM MEMAJUKAN EKONOMI DESA SEKAPUK KECAMATAN UJUNGPANGKAH KABUPATEN GRESIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK KEBERADAAN OBJEK WISATA BUKIT KAPUR SETIGI DALAM MEMAJUKAN EKONOMI DESA SEKAPUK KECAMATAN UJUNGPANGKAH KABUPATEN GRESIK)
17107020005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK KEBERADAAN OBJEK WISATA BUKIT KAPUR SETIGI DALAM MEMAJUKAN EKONOMI DESA SEKAPUK KECAMATAN UJUNGPANGKAH KABUPATEN GRESIK)
17107020005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Objek wisata merupakan salah satu sektor yang dapat meningkatkan perekonomian. Desa Sekapuk Ujungpangkah Gresik membangun objek wisata berupa SETIGI (Selo: Batu, Tirto: Air, Giri: Bukit) yang memadukan alam dan buatan. Wisata SETIGI dibangun diatas lahan bekas galian tambang yang beralih fungsi sebagai tempat pembuangan sampah. Modal untuk membangun wisata berasal dari masyarakat setempat melalui program Taplus Invest dengan cara menabung setiap hari sebesar 8000 kepada Ketua RT masing-masing. Adanya Objek Wisata SETIGI memiliki dampak dalam memajukan perekonomian desa dan masyarakat setempat. Dulunya yang merupakan desa tertinggal sekarang menjadi desa milyader dengan pendapatan milyaran setiap tahunnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan teori pembangunan ekonomi milik Jhon Stuart Mill. Data diperoleh dengan cara wawancara kepada pihak pengelola Wisata SETIGI dan masyarakat setempat serta dokumentasi untuk memperoleh data-data yang dibutuhkan. Hasil dari penelitian ini adalah adanya Wisata SETIGI berdampak terhadap perekonomian Desa Sekapuk dan perekonomian masyarakat. Dampak yang dihasilkan berupa meningkatnya pendapatan desa setiap tahunnya, banyaknya fasilitas desa yang dibangun, mengurangi pengangguran, terciptanya lapangan kerja, serta terciptanya UMKM. Dalam proses pembangunan Wisata SETIGI melibatkan masyarakat setempat mulai dari rencana pembentukan sebuah ide program wisata yang dilakukan melalui forum-forum pertemuan hingga melibatkan masyarakat dalam membangun spot-spot foto, sarana dan prasarana, serta sebagai pengelola wisata. Selain itu terdapat faktor ekonomi dalam mendukung keberadaan Wisata SETIGI yaitu adanya program taplus invest, pasar kuliner, keinginan masyarakat untuk menjadi karyawan wisata, media sosial, serta adanya pengunjung dari luar daerah Sekapuk. Selain faktor ekonomi, faktor non ekonomi yang berperan dalam pembangunan Wisata SETIGI adalah kepercayaan masyarakat, kebiasaankebiasaam berpikir masyarakat, adat istiadat, dan corak institusi dalam masyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Agus Saputro, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: Wisata Setigi, Ekonomi Desa, Desa Sekapuk Ujungpangkah Gresik
Subjects: Industri Pariwisata
Ekonomi Masyarakat
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 21 Feb 2022 10:48
Last Modified: 21 Feb 2022 10:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49463

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum