PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KUBUS PUZZLE (KUZLE) PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KIMIA

Rengganis Nuringtyas, NIM. 17106070010 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KUBUS PUZZLE (KUZLE) PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KIMIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KUBUS PUZZLE (KUZLE) PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KIMIA)
17106070010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KUBUS PUZZLE (KUZLE) PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KIMIA)
17106070010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tata nama senyawa kimia merupakan salah satu materi pembelajaran kimia yang mempelajari tentang metode sistematis yang ditetapkan oleh International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC) untuk pemberian nama senyawa sesuai dengan strukturnya secara jelas dan tidak ambigu. Materi tata nama senyawa kimia merupakan materi yang penting karena menjadi pengetahuan awal terhadap bahan dan zat-zat kimia yang sering kita gunakan. Akan tetapi, banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajar kimia. Peserta didik menganggap materi tata nama senyawa kimia sulit dipelajari dan dipahami. Kesulitan ini dikarenakan peserta didik tidak mampu menghafal dan memahami konsep dalam penyusunan nama senyawa kimia. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang mengadopsi model penelitian ADDIE, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan. Produk direview oleh tiga orang peer reviewer dan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Kualitas produk dinilai oleh lima reviewer (guru kimia) dan respon 10 peserta didik. Penilaian kualitas produk dilakukan menggunakan instrumen penilaian dengan skala Likert empat kategori yaitu sangat baik (SB), baik (B), kurang (K), dan sangat kurang (SK). Serta menggunakan angket penilaian dengan skala Guttman, “Ya” atau “Tidak” untuk respon peserta didik. Produk yang dikembangkan merupakan media pembelajaran kubus puzzle (KUZLE) pada materi tata nama senyawa kimia. Penelitian ini bertujuan agar peserta didik termotivasi dan dapat mempermudah dalam memahami materi. Produk yang dikembangkan terdiri dari lima sisi kubus yang berisi rumus senyawa dan penamaan senyawa berdasarkan penamaan senyawa kovalen biner, senyawa ion biner, dan senyawa poliatomik. Selain itu, terdapat satu sisi kubus yang digunakan untuk latihan soal. Hasil validasi produk oleh ahli materi menunjukkan kualitas produk sangat baik (SB) dengan persentase keidealan 80%. Validasi ahli media diperoleh kesimpulan bahwa kualitas produk sangat baik (SB) dengan persentase keidealan 95,8% dan dinyatakan valid. Sedangkan penilaian dari reviewer (guru kimia) menunjukan kualitas produk sangat baik (SB) dengan persentase keidealan 93,5% dan respon peserta didik dengan persentase 99%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Zamhari, S.Pd.Si., M.Sc.,
Uncontrolled Keywords: Puzzle, Media Pembelajaran, Tata Nama Senyawa
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Feb 2022 11:26
Last Modified: 21 Feb 2022 11:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49474

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum