PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN (PKWU) KIMIA BERBASIS SEDIAAN SEMI PADAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMA/MA

Luthfiana Dewi, NIM. 17106070035 (2021) PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN (PKWU) KIMIA BERBASIS SEDIAAN SEMI PADAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN (PKWU) KIMIA BERBASIS SEDIAAN SEMI PADAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMA/MA)
17106070035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN (PKWU) KIMIA BERBASIS SEDIAAN SEMI PADAT SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMA/MA)
17106070035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Dosen Pembimbing: Laili Nailul Muna, M.Sc. Kurikulum 2013, siswa dituntut untuk menyeimbangkan soft skill dan hard skill yang meliputi aspek kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pada kurikulum 2013 terdapat penambahan mapel wajib yaitu Prakarya dan Kewirausahaan. Mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan digolongkan ke dalam pengetahuan transcience knowlodge. Yaitu mengembangkan pengetahuan dan melatih keterampilan serta kecakapan hidup berbasis seni dan teknologi ekonomis. Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU) dapat dikaitkan dengan mata pelajaran lain. Salah satunya yaitu mata pelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul praktikum yang dikaitkan dengan kimia dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber belajar pendukung pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan, (2) mengetahui kualitas modul sebagai pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan reviewer dan respon siswa menghasilkan produk berupa modul cetak yaitu modul praktikum prakarya dan kewirausahaan (PKWU) kimia berbasis sediaan semi padat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri atas tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), disseminate (penyebarluasan, yang hanya dibatasi sampai pada tahap develop. Produk modul praktikum ini dikonsultasikan kepada dosen pembimbing dan diberikan saran oleh tiga peer reviewer. Produk dinilaikan oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, empat reviewer, dan direspon oleh sepuluh siswa MIPA SMA/MA. Penilaian kualitas dilakukan menggunakan lembar angket skala Likert dan pada respon siswa menggunakan lembar angket skala Guttman. Hasil penilaian kualitas produk menunjukkan bahwa persentase keidealan berdasarkan ahli materi sebesar 90,77% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian produk oleh ahli media sebesar 96,7% dengan kategori Sangat Baiki (SB), dan penilaian dari reviewer (guru Kimia/yang mengajar PKWU SMA/MA) mendapatkan skor rata-rata dengan persentase 90,25% dengan kategori Sangat Baik (SB). Hasil respon siswa terhadap modul menunjukkan persentase sebesar 95%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Laili Nailul Muna, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Kewirausahaan, Sediaan Semi Padat
Subjects: Pendidikan Kimia
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Feb 2022 13:16
Last Modified: 21 Feb 2022 13:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49494

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum