RELASI SUAMI ISTRI DALAM MEMBINA KELUARGA SAKINAH: PANDANGAN DOSEN FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM UIN SUNAN KALIJAGA

SARIZKI NOVRIANTI, NIM. 17103050018 (2022) RELASI SUAMI ISTRI DALAM MEMBINA KELUARGA SAKINAH: PANDANGAN DOSEN FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM UIN SUNAN KALIJAGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RELASI SUAMI ISTRI DALAM MEMBINA KELUARGA SAKINAH: PANDANGAN DOSEN FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM UIN SUNAN KALIJAGA)
17103050018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (RELASI SUAMI ISTRI DALAM MEMBINA KELUARGA SAKINAH: PANDANGAN DOSEN FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM UIN SUNAN KALIJAGA)
17103050018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Hukum Islam telah mengatur hubungan suami istri berupa hak dan kewajiban bagi mereka dalam membina keluarga dengan tujuan menjadikan keluarga tersebut sakinah, dampak dari ketidakpahaman suami istri tentang peranannya dalam membina keluarga mengakibatkan hubungan suami istri yang tidak harmonis, tidak peduli satu sama lain dan berujung perceraian. Pola relasi setiap keluarga berbeda-beda tidak ada standar yang baku pola relasi suami istri yang ideal, akan tetapi terdapat norma mengatur relasi suami istri mengatur hak dan kewajiban, sebagaimana Hak dan kewajiban suami istri diatur di dalam Undang-Undang No.1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan dan Kompilasi Hukum Islam, relasi suami istri terdapat prinsip-prinsip yang harus dijalankan di dalam keluarga. penelitian mengkaji pandangan relasi suami istri pandangan dosen di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Suanan Kalijaga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, metode yang digunakan dalam penelitian ini studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara pada beberapa dosen program studi di Fakultas Syari‟ah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga mengenai relasi suami istri dalam membina keluarga sakinah, penelitian ini bersifat Preskriptif, yaitu dengan memaparkan pendapat beberapa dosen program studi di Fakultas Syari‟ah dan Hukum UIN Sunan kalijaga mengenai relasi suami istri dalam membina keluarga sakinah, penelitian ini menggunakan pendekatan normatif-yuridis berdasarkan pada teks-teks AlQur‟an, Undang-Undang No 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan dan Kompilasi Hukum Islam, analisis data menggunakan analisis deduktif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa keluarga sakinah merupakan keluarga yang damai, saling mengasihi, saling menyayangi dan mendapat ridha Allah Subhanahu wa Ta‟ala. sakinah ada dua cangkupan dari lahiriyah (materi) dan irasional (non materi). Relasi suami istri dalam membina keluarga sakinah pandangan dosen di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga keluarga yang terdapat prinsip saling menolong, saling menyayangi, saling mengasihi, menjalankan peran suami istri. Pola relasi suami istri dalam membina keluarga sakinah tergantung dengan kesepakatan kedua belah pihak, situasi dan kondisi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: HJ. FATMA AMILIA, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Relasi, Suami Istri, Sakinah, Pandangan Dosen
Subjects: Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 21 Feb 2022 14:26
Last Modified: 21 Feb 2022 14:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49504

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum