PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA E-COMIC UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU

Adhi Buana Asa Pertiwi, NIM. 17106000014 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA E-COMIC UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA E-COMIC UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU)
17106000014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA E-COMIC UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU)
17106000014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika. Akan tetapi, dalam materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku didapatkan kesalahan siswa yang dipengaruhi oleh rendahnya kemampuan berpikir logis. Selain itu, penelitian mengenai media pembelajaran e-comic untuk memfasilitasi kemampuan berpikir logis pada perbandingan trigonometri pada segitiga-siku-siku belum ada. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika e-comic yang valid untuk memfasilitasi kemampuan berpikir logis pada materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku. Media pembelajaran e-comic “Trio Math” memuat materi, cerita, dan evaluasi mengenai perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengenbangan PPE. Langkah PPE meliputi Planning (Perencanaan), Production (Produksi), dan Evaluation (Evaluasi). Kriteria ketercapaian produk dilakukan dengan pengujian oleh para ahli materi dan media hingga dikatakan valid. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran e-comic “Trio Math” untuk memfasilitasi kemampuan berpikir logis pada materi perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku. Melalui pengujian yang dilakukan oleh ahli materi, media pembelajaran e-comic ini mendapatkan persentase kevalidan sebesar 77,38% ( Sangat Baik) dan oleh ahli media pembelajaran e-comic ini mendapatkan persentase kevalidan sebesar 71,88% (Baik). Sehingga, media pembelajaran e-comic “Trio Math” dikatakan valid untuk memfasilitasi kemampuan berpikir logis pada materi perbandingan trigonmetri pada segitiga siku-siku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Raekha Azka, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran E-Comic, Kemampuan Berpikir Logis, Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 22 Feb 2022 10:29
Last Modified: 22 Feb 2022 10:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49532

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum