IMPLEMENTASI PENILAIAN SIKAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 5 YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19

'Alam Rezki, NIM.17204010047 (2022) IMPLEMENTASI PENILAIAN SIKAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 5 YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENILAIAN SIKAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 5 YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19)
17204010047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENILAIAN SIKAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 5 YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19)
17204010047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kebijakan pemerintah tentang kegiatan belajar mengajar pada masa pandemi COVID-19 mengharuskan proses belajar mengajar beserta proses penilaiannya dilaksanakan secara daring telah menyulitkan guru dalam melakukan penilaian sikap. Menurut pedoman penilaian yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, bahwa penilaian sikap dilakukan menggunakan observasi sebagai teknik utama. Hal tersebut tentu terhambat karena guru tidak dapat melakukan pengamatan secara langsung. Padahal, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti merupakan mata pelajaran penting dalam pengembangan sikap. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif interpretatif. Subjek penelitian ini ditentukan dengan cara purposive sampling yaitu Wakil Kepala Sekolah bidang afeksi, guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI, dan peserta didik kelas XI SMAN 5 Yogyakarta. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode dengan membandingkan hasil wawancara dengan hasil observasi dan dokumen yang ada. Hasil penelitian menunjukkan: (1) SMAN 5 Yogyakarta menjadi sekolah berbasis afeksi karena memiliki orientasi pendidikan yang mengedepankan nilai-nilai afeksi serta didukung dengan perolehan juara 1 penerapan PAI terbaik nasional. (2) Nilai-nilai afeksi yang dibiasakan di sekolah meliputi religius, jujur, peduli, toleransi, disiplin, dan kritis. Nilai-nilai tersebut selaras dengan nilai-nilai pada penguatan pendidikan karakter yang dicanangkan Kemendikbud. (3) Sekolah mengeluarkan kebijakan terkait penilaian sikap masa pandemi dengan membuat penilaian mutabaah harian dan membuat program-program afeksi secara online. Guru memiliki peranan sebagai evaluator dalam penilaian sikap hasil belajar dan penilaian mutabaah harian serta sebagai controller dalam program afeksi. (4) Teknik penilaian sikap yang digunakan oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI menggunakan teknik observasi dan penilaian diri. Proses penilaian sikap di awali dengan tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap tindak lanjut. Waka Afeksi juga turut terlibat melakukan penilaian sikap peserta didik dengan teknik penilaian diri. Hasil penilaian yang bernama mutabaah harian dilaporkan dan disinkronkan kepada guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Sukiman, S.Ag., M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Penilaian Sikap, Penilaian saat Pandemi, Program Afeksi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 22 Feb 2022 11:01
Last Modified: 22 Feb 2022 11:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49546

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum