KETERLIBATAN GURU PAI DALAM PROGRAM GERAKAN SEKOLA MENYENANGKAN SEBAGAI UPAYA MENCEGAH BULLYING PADA SISWA SMP NEGERI 2 SLEMAN

Muhammad Nur Faizin, NIM. 17204010067 (2022) KETERLIBATAN GURU PAI DALAM PROGRAM GERAKAN SEKOLA MENYENANGKAN SEBAGAI UPAYA MENCEGAH BULLYING PADA SISWA SMP NEGERI 2 SLEMAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KETERLIBATAN GURU PAI DALAM PROGRAM GERAKAN SEKOLA MENYENANGKAN SEBAGAI UPAYA MENCEGAH BULLYING PADA SISWA SMP NEGERI 2 SLEMAN)
17204010067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KETERLIBATAN GURU PAI DALAM PROGRAM GERAKAN SEKOLA MENYENANGKAN SEBAGAI UPAYA MENCEGAH BULLYING PADA SISWA SMP NEGERI 2 SLEMAN)
17204010067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi maraknya kasus bullying terutama di sekolah. Hal ini mengakibatkan sekolah sebagai tempat untuk belajar tidak lagi terasa aman dan sudah tidak lagi menjadi tempat yang menyenangkan bagi siswa, maka diperlukan perubahan dan pembaharuan pada dunia pendidikan. Salah satunya melalui program gerakan sekolah menyenangkan. Penelitian ini difokuskan pada pentingnya keterlibatan guru PAI dalam program gerakan sekolah menyenangkan di SMP Negeri 2 Sleman sebagai upaya pencegahan bullying siswa. Ada tiga sub fokus dalam penelitian ini, yaitu program gerakan sekolah menyenangkan dalam mencegah bullying, keterlibatan guru PAI dalam program gerakan sekolah menyenangkan serta dampak keterlibatan guru PAI dalam program gerakan sekolah menyenangkan sebagai upaya mencegah bullying di SMP Negeri 2 Sleman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan mengamati keterlibatan guru PAI dalam program gerakan sekolah menyenangkan di SMP Negeri 2 Sleman. Metode pengumpulan datanya yakni observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, tim gerakan sekolah menyenangkan, guru PAI, guru BK dan siswa. Objek dalam penelitian ini berupa keterlibatan guru PAI dalam program gerakan sekolah menyenangkan sebagai upaya mencegah bullying siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: (1)Program gerakan sekolah menyenangkan meliputi pembentukan lingkungan positif, pembentukan karakter, pembelajaran berbasis project based learning dan problem solving serta school connectedness. (2) Keterlibatan guru PAI dalam program gerakan sekolah menyenangkan dalam upaya mencegah bullying yaitu guru PAI berperan sebagai pembimbing melalui pembentukan karakter religius. Guru PAI berperan sebagai fasilitator dengan merancang kegiatan keagamaan seperti membaca Al-Qur‟an dan asmaul husna,infaq rutin serta shalat jamaah. Guru PAI berperan sebagai pengelola kelas dengan menciptakan lingkungan kelas yang kondusif seperti merancang tempat duduk yang disukai siswa. Guru PAI berperan sebagai demonstrator dengan penggunaan metode-metode yang menarik seperti diskusi, pemberian reward dan memberikan contoh teladan.(3) Dampak dari keterlibatan guru PAI dalam program gerakan sekolah menyenangkan sebagai upaya mencegah bullying yaitu siswa memiliki sikap ramah ditunjukan melalui perilaku senyum, sapa dan salam. Siswa selalu menunjukan ekspresi senang ketika bertemu dengan orang lain baik itu guru, karyawan sekolah, kepala sekolah dan sesama siswa. Selain menunjukan ekspresi senang, siswa juga tidak lupa untuk xi saling menyapa dengan ucapan yang baik. Siswa memiliki sikap saling menghargai orang lain ditunjukan dengan perilaku siswa mendengarkan dengan baik pendapat siswa lain yang sedang mengemukakan pendapat, siswa tidak mencela pendapat temannya. Siswa memiliki sikap peduli ditunjukan dengan perilaku tolong-menolong yang dilakukan ketika ada teman yang sakit atau kekurangan maka siswa selalu mengumpulkan iuran untuk membantu. Siswa memiliki sikap disiplin ditunjukkan dengan ketepatan waktu saat siswa masuk sekolah dan melaksanakan sholat dhuha maupun sholat dhuhur berjamaah. Siswa memiliki motivasi tinggi dalam pembelajaran ditunjukkan dengan semangat untuk memenuhi tugas atau kuis yang diberikan guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Bullying, Gerakan Sekolah Menyenangkan, Guru PAI, SMP Negeri 2 Sleman
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 22 Feb 2022 11:07
Last Modified: 22 Feb 2022 11:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49547

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum