PERAN KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DI ERA DISRUPSI (Study Kasus di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman)

Ambarwati, NIM. 17204010074 (2021) PERAN KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DI ERA DISRUPSI (Study Kasus di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman). Doctoral thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DI ERA DISRUPSI (Study Kasus di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman))
17204010074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN DI ERA DISRUPSI (Study Kasus di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman))
17204010074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan zaman yang semakin maju di era disrupsi perlahan membuat banyaknya sistem beralih ke teknologi digital dan banyaknya inovasi dan kreativitas pada ranah pendidikan. Peran kepemimpinan kepala sekolah sangat penting dalam pengembangan pendidikan di sekolah, termasuk dalam mengatasi tantangan pendidikan di era disrupsi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah dalam pelaksanaan pendidikan di era disrupsi, mengetahui tantangan pendidikan di era disrupsi, dan mengetahui strategi kepala sekolah dalam menghadapi tantangan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang datanya diambil dari lapangan (field research). Subjek dan objek penelitian ini kepada kepala sekolah, wakil kepala ISMUBA, dan Guru Pendidikan Agama Islam. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dilakukan analisis data dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data yang telah dikumpulkan, dan ditarik kesimpulan. Kemudian, dilakukan uji keabsahan data dengan metode triangulasi Teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa tantangan pendidikan yang dihadapi Sekolah yaitu globalisasi atau modernisasi pasar bebas, peserta didik yang generasi Z, teknologi digital dan kurikulum dan pembelajaran. Selanjutnya kepala sekolah mampu menjalasankan perannya sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, leader, innovator, dan motivator di sekolah. Dengan gaya kepemimpinan transformasional, kepala sekolah mampu membawa SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman tetap konsisten berproses di era disrupsi ini. Adapun untuk strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam menghadapi tantangan tersebut yakni mengembangkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan relasi dan kerjasama antar lembaga dalam bentuk kolaborasi, dan melakukan sistem digitalisasi pendidikan agar proses kegiatan pendidikan lebih efisien.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Subiyantoro, M. Ag.,
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Pendidikan, Era Disrupsi
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 22 Feb 2022 11:14
Last Modified: 22 Feb 2022 11:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49548

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum