KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PROGRAM STUDI MAGISTER MENEJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA DALAM MERESPON MB-KM [MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA]

Mohammad Ulil Abshor, NIM. 17204010109 (2022) KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PROGRAM STUDI MAGISTER MENEJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA DALAM MERESPON MB-KM [MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA]. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PROGRAM STUDI MAGISTER MENEJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA DALAM MERESPON MB-KM [MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA])
17204010109_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PROGRAM STUDI MAGISTER MENEJEMEN PENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA DALAM MERESPON MB-KM [MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA])
17204010109_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mengenai sasaran Program MBKM yang secara teoritis diperuntukkan pada level S1 tetapi dalam paraktiknya program MBKM ini memicu program Magister MPI UIN Sunan Kalijaga untuk merespon krurikulum tersebut.. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalis kebijakan Prodi Magister MPI dalam merespon program MBKM. Penelitian menggunakan metode pendekatan kualitatif studi lapangan dengan subyek penelitian, kaprodi, sekprodi, dosen serta staff program studi. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur analisis data meliputi; pengumpulan data, pemilahan data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik uji keabsahan data menggunakan trianguali sumber dan metode. Hasil penelitian memperoleh kesimpulan bahwa secara formal-administratif Program Studi Magister MPI UIN Sunan Kalijaga merespon dengan baik program MBKM dengan penyesuaian yang diperlukan sebab sifat otonom level magister yang khas. Semangat kemerdekaan belajar bagi mahasisa diwujudkan dengan (1) penyusunan tiga mata kuliah yang bersifat Merdeka Belajar yang tercantum dalam kurikulum mata kuliah. Kemudian, melakukan penandatangan kerjasama antar program studi tentang praktikum pengalaman mengajar diluar prodi. Selain itu Prodi Magister MPI UIN Sunan Kalijaga juga menjadi bagian dari pihak penandatanganan kesepakatan kerjasama (MoU) tentang mitra kerjasama MBKM yang diikuti oleh delapan puluh sembilan prodi dari dua puluh tujuh fakultas. (2) Strategi implementasi dan (3) evaluasi kurikulum bersifat fleksibel menyesuaikan kebutuhan yang tetap mengacu pada KKNI dan SN-Dikti.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : management, education, policy, development, curriculum, merdeka belajar, kampus merdeka
Uncontrolled Keywords: management, education, policy, development, curriculum, merdeka belajar, kampus merdeka
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 22 Feb 2022 11:22
Last Modified: 22 Feb 2022 11:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49549

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum