PENERAPAN STANDAR NASIONAL PENGASUHAN ANAK DALAM PELAYANAN PENGASUHAN DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK BADAN AMAL SHALEH AMANAH MOYUDAN SLEMAN

Syafrie Rezha Utomo, NIM.: 17102050063 (2021) PENERAPAN STANDAR NASIONAL PENGASUHAN ANAK DALAM PELAYANAN PENGASUHAN DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK BADAN AMAL SHALEH AMANAH MOYUDAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STANDAR NASIONAL PENGASUHAN ANAK DALAM PELAYANAN PENGASUHAN DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK BADAN AMAL SHALEH AMANAH MOYUDAN SLEMAN)
17102050063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STANDAR NASIONAL PENGASUHAN ANAK DALAM PELAYANAN PENGASUHAN DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK BADAN AMAL SHALEH AMANAH MOYUDAN SLEMAN)
17102050063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya Standar Nasional Pengasuhan Anak (SNPA) sebagai pedoman pelayanan pengasuhan bagi Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA). Adanya akreditasi dari BALKS bertujuan menilai penerapan SNPA di LKSA. Pada prakteknya masih ada LKSA yang belum terakreditasi sehingga belum diketahui penerapan SNPA yang berjalan, salah satunya LKSA BASA Moyudan. Tujuan Penelitian ini mendeskripsikan penerapan SNPA beserta faktor pendukung dan hambatannya di LKSA BASA. Penelitian ini menggunakan teori tinjauan pelayanan sosial, dan tinjauan standar nasional pengasuhan anak. Metode Penelitian menggunakan kualitatif pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjabarkan aspek-aspek standar yang sudah diterapkan dan belum diterapkan pada standar pendekatan awal dan penerimaan rujukan, standar pelayanan pengasuhan, standar pelayanan berbasis LKSA, standar pelaksana pengasuhan, standar evaluasi dan pengakhiran pelayanan di LKSA BASA. Faktor pendukung dalam penerapan SNPA yaitu faktor usia LKSA, adanya kerjasama pendidikan dan kesehatan, dan kebebasan berpartisipasi bagi anak. Faktor penghambat dalam penerapan SNPA yaitu belum ada sosialisasi SNPA secara langsung, sumber daya pengasuh terbatas, pengaturan staf kurang maksimal, administrasi data kurang tersistematis, dan kurangnya monitoring evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Idan Ramdani, M.A
Uncontrolled Keywords: LKSA BASA; pengasuhan anak; anak asuh
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Feb 2022 11:34
Last Modified: 22 Feb 2022 11:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49551

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum