IMPLIKASI WANITA KARIR TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Kasus Pegawai BMT Dana Insani Gunungkidul)

MUHAMMAD RIDWAN AMRULLOH, NIM: 17103050091 (2021) IMPLIKASI WANITA KARIR TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Kasus Pegawai BMT Dana Insani Gunungkidul). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLIKASI WANITA KARIR TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Kasus Pegawai BMT Dana Insani Gunungkidul))
17103050091_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLIKASI WANITA KARIR TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Kasus Pegawai BMT Dana Insani Gunungkidul))
17103050091_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Ketika seorang istri telah memutuskan untuk berkarir atau bekerja akan memberikan pengaruh terhadap rumah tangganya. Bekerjanya istri tentunya berdampak pada keharmonisan rumah tangga. Di satu sisi istri membantu suami dalam pemenuhan kebutuhan rumah tangga, di sisi yang lain ia harus menjalankan kewajiban dan tanggung jawab dalam pekerjaannya sehingga waktu untuk memenejrial urusan rumah tangga berkurang. Berdasarkan fenomena tersebut timbulah persoalan berkaitan dengan Implikasi Wanita Karir Terhadap Keharmonisan Rumah Tangga Ditinjau Dari Hukum Islam. Adapun tujuan utama kajian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan wanita karir dalam keharmonisan rumah tangga pada pegawai BMT Dana Insani Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan yuridis-sosiologis. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif analitik. Dalam metode pengumpulan data penyusun menggunakan metode wawancara pada pegawai BMT Dana Insani Gunungkidul Berdasarkan hasil penelitian bahwa implikasi peranan sebagai wanita karir dan istri pada pegawai BMT Dana Insani Gunungkidul dapat berpengaruh positif dan negatif. Akan berdampak postif dan akan meningkatkan keharmonisan dalam rumah tangga. Dampak positif karir istri dalam menciptakan keharmonisan rumah tangga pada pegawai BMT Dana Insani Gunungkidul meliputi; Terwujudnya sikap tolong menolong antara suami istri, saling mendorong untuk kemajuan pasangan keluarga dan meningktnya ekonomi keluarga. Dampak negatif disebabkan adanya kendala yang dapat mengganggu keharmonisan rumah tangga meliputi; kesulitan dalam pembagian waktu, persoalan mengasuh anak-anak dan berkurangnya waktu berkumpul keluarga. Sebagai upaya mengatasi dampak negatif bagi keharmonisan rumah tangga upaya yang dilakukan pegawai BMT Dana Insani Gunungkidul untuk menjaga keharmonisan keluarga dengan cara membangun komunikasi yang baik, mengatur waktu dengan baik dan quality time bersama keluarga, saling terbuka dan mengendalikan emosi yang dari pekerjaan. Sedangkan dalam tinjauan hukum Islam istri yang menjadi wanita karir di BMT Dana Insani Gunungkidul, sesuai dan selaras dengan sayarat dan aturan yang ditetapak oleh syariat. selama pekerjaan atau karir yang dijalankan oleh istri yang menjadi wanita karir di BMT Dana Insani Gunungkidul dilakukan dengan cara-cara yang baik, terhormat, mampu menghindarkan dari dampakdampak negatif, serta tidak melupakan kodrat kewanitaannya sudah sesuai dengan ketatapan hukum islam, maka istri dibolehkan untuk berkarir

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DR. H ABU BAKAR ABAK, MM.
Uncontrolled Keywords: Implikasi,Wanita Karir, Keharmonisan Rumah Tangga, Hukum Islam
Subjects: Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 22 Feb 2022 12:25
Last Modified: 22 Feb 2022 12:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49555

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum