PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES FIKIH MTS BAB ZAKAT BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DI MTs N 4 SLEMAN

Ahmad Alhadad, NIM. 17204010078 (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES FIKIH MTS BAB ZAKAT BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DI MTs N 4 SLEMAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES FIKIH MTS BAB ZAKAT BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DI MTs N 4 SLEMAN)
17204010178_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES FIKIH MTS BAB ZAKAT BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DI MTs N 4 SLEMAN)
17204010178_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari kumpulan soal fikih yang masih berada pada taraf tingkat rendah di MTs terutama di MTs N 4 Sleman. Dimana soal hanya masih berkutat pada tahapan mengingat dan memahami. Sedangkan kurikulum 2013 menuntut agar instrumen soal sudah berada pada tingkat tinggi yang sesuai dengan tingkatan taksonomi bloom. Hal ini bertujuan agar peserta didik dapat berpikir mandiri secara kritis, kreatif dan inovatif. . Berdasakan keadaan tersebut perlu diadakannya pengembangan intrumen tes yang dimana tidak hanya mengarahkan hanya kepada pengetahuan, tapi juga dapat mengarahkan peserta didik agar berpikir kritis, kreatif, dan dapat mememecahkan segala permasalahan yang ada di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk pengembangan instrumen fikih dengan bentuk soal pilihan ganda bertingkat. Penelitian ini menggunakan penelitian R&D yang dimana menggunakan model tahap 3-D. pengembangan ini memiliki 3 tahap yaitu, pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Instrumen tes kemudian di validasi oleh ahli instrumen, ahli materi, dan siswa. Berdasarkan analisis uji validasi, dapat simpulkan bahwa produk instrumen tes fikih bab zakat berortientasi higher order thingking skills (HOTS) memperoleh nilai 89,7%. Hal ini menunjukan bahwa produk layak untuk di implementasikan dalam penilaian tes tingkat tinggi

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Maemonah M. Ag,
Uncontrolled Keywords: higher order thingking skills (HOTS), pengembangan, zakat.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 22 Feb 2022 13:26
Last Modified: 22 Feb 2022 13:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49564

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum