IMPLEMENTASI PASAL 18 PERATURAN DAERAH KABUPATEN JEPARA NOMOR 16 TAHUN 2011 TENTANG PENYELENGGARAAN PENANGGULANGAN BENCANA

AHMAD SHOFIYYUR ROHMAN, NIM. 17103070062 (2022) IMPLEMENTASI PASAL 18 PERATURAN DAERAH KABUPATEN JEPARA NOMOR 16 TAHUN 2011 TENTANG PENYELENGGARAAN PENANGGULANGAN BENCANA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PASAL 18 PERATURAN DAERAH KABUPATEN JEPARA NOMOR 16 TAHUN 2011 TENTANG PENYELENGGARAAN PENANGGULANGAN BENCANA)
17103070062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PASAL 18 PERATURAN DAERAH KABUPATEN JEPARA NOMOR 16 TAHUN 2011 TENTANG PENYELENGGARAAN PENANGGULANGAN BENCANA)
17103070062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kota jepara merupakan salah satu kota dengan potensi bencana yang sangat tinggi di Jawa Tengah. Bencana dapat menyebabkan kerugian yang mendalam bagi masyarakat khususnya masyarakat yang tinggal di daerah zona bencana. Disisi lain, masih banyak pemukiman warga yang berada di tempat yang rawan bencana seperti longsor dan abrasi. Untuk mencegah dan mengurangi resiko bencana di Kota Jepara, maka pemerintah daerah Kabupaten Jepara membentuk Peraturan Daerah Kabupaten Jepara Nomor 16 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana dengan harapan agar masyarakat bisa hidup nyaman dan tentram tanpa adanya ancaman bencana. Jenis penelitian yang digunakan penyusun adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah yuridis-empiris. Sifat penelitian ini adalah deskriptif-analisis dan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang berasal dari hasil wawancara dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Jepara, Pemerintah Desa, serta Masyarakat. Sedangkan sumber data sekunder berasal dari buku-buku dan jurnal yang berkaitan dengan konteks penelitian ini. Dalam penelitian ini penyusun menggunakan teori Maqa>s}id asy- Syari>’ah dan Hukum Lingkungan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Peraturan Daerah Kabupaten Jepara Nomor 16 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana belum berjalan dengan efektif khususnya pasal 18 tentang pemindahan pemukiman warga yang rawan bencana atau relokasi. Hal ini dibuktikan dengan kurang tegasnya pemerintah daerah dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam menjalankan tugasnya dikarenakan masih banyaknya pemukiman warga yang berada di zona merah rawan bencana. Jika dilihat dari Maqa>s}id asy-Syari>’ah, Perda Kabupaten Jepara No.16 Tahun 2011 sudah sesuai karena mementingkan kemaslahatan manusia, akan tetapi dalam realitanya peraturan ini belum terealisasikan secara menyeluruh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DR. OCKTOBERRINSYAH, M. AG.
Uncontrolled Keywords: Pemerintah Daerah, Badan Penanggulangan Bencana, Relokasi, Maqasid asy-Syari’ah
Subjects: Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 22 Feb 2022 13:32
Last Modified: 22 Feb 2022 13:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49565

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum