NILAI-NILAI PENDIDIKAN RELIGIUSITAS MAJELIS DẐIKIR DAN ṢHALAWAT GANDRUNG NABI ( STUDI KASUS DI NGETOS MOJOAGUNG KARANGRAYUNG GROBOGAN PURWODADI)

Miftakhun Nurul Jannah, NIM. 17204011003 (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN RELIGIUSITAS MAJELIS DẐIKIR DAN ṢHALAWAT GANDRUNG NABI ( STUDI KASUS DI NGETOS MOJOAGUNG KARANGRAYUNG GROBOGAN PURWODADI). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN RELIGIUSITAS MAJELIS DẐIKIR DAN ṢHALAWAT GANDRUNG NABI ( STUDI KASUS DI NGETOS MOJOAGUNG KARANGRAYUNG GROBOGAN PURWODADI))
17204011003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN RELIGIUSITAS MAJELIS DẐIKIR DAN ṢHALAWAT GANDRUNG NABI ( STUDI KASUS DI NGETOS MOJOAGUNG KARANGRAYUNG GROBOGAN PURWODADI))
17204011003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Majelis sholawat Gandrung Nabi merupakan lembaga pendidikan non formal di masyarakat Ngetos Mojoagung Karangrayung Grobogan Purwodadi merupakan salah satu majelis yang berfungsi sebagai wadah mencari ilmu dan mensyiarkan ajaran-ajaran Islam melalui kegiatan dẑikir, Ṣhalawat, dan pengajian. Melalui majelis sholawat Gandrung Nabi ini diharapkan mampu menjadi alternatif nilai-nilai keagamaan yang bisa di terapkan kepada masyarakat sekitar maupun masyarakat luas pada umumnya. Dimana majelis Gandrung Nabi sebagai wadah untuk mengembangkan hal-hal positif di kalangan masyarakat melalui kegiatan yang diadakan oleh majelis dzikir dan sholawat Gandrung Nabi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi atau aktualisasi nilai-nilai pendidikan religiusitas majelis dẑikir dan Ṣhalawat Gandrung Nabi. Untuk mengetahui bagaimana implikasi atau dampak dari kegiatan dzikir dan shalawat yang diadakan oleh majelis Gandrung Nabi terhadap nilai-nilai pendidikan religiusitas, serta untuk mengetahui peran kegiatan yang diadakan oleh majelis dzikir dan shalawat Gandrung Nabi dalam mengembangkan pendidikan agama Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan secara langsung di tempat penelitian. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan psikologi-pedagogis.Teknik yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara mendalam,serta dokumentasi. Sedangakan analisis menggunakan analisis deskriptif dengan mendeskripsikan Nilai-Nilai Pendidikan Religiusitas Majelis Dẑikir Dan Ṣhalawat Gandrung Nabi ( Studi Kasus Di Ngetos Mojoagung Karangrayung Grobogan Purwodadi). Hasil dari penelitian ini adalah: 1) implementasi nilai-nilai pendidikan religius Majelis Dzikir dan Shalawat Gandrung Nabi Purwodadi adalah menambah keimanan dan ketaqwaan kepada allah, uswatun hasanah (keteladanan), dermawan (al-amanah “amanah”, memberikan sentuhan , merasa dekat dengan Allah, bukti mahabbah kepada Rasulullah, media dakwah. 2) dampak dari keberadaan mejelis dzikir dan shalawat Gandrung Nabi Purwodadi meliputi: hati dan jiwa menjadi tenang, pembuka semua pintu ilmu (thalabul ilmi), ukhuwah Islamiyah atau silaturahmi, mendapat syafaat Rasulullah. 3) kontribusi keberadaan yang dilakukan mejelis dzikir dan xi shalawat Gandrung Nabi Purwodadi terhadap masyarakat yaitu: perubahan pola piker, Perubahan sikap dan cara berpakaian dalam proses interaksi sosial, solidaritas tinggi, kreatif, mampu membentengi diri dari hal negatif, memberikan wawasan keagamaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nasiruddin, M, Si., M. Pd
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai, Pendidikan Religiusitas, Majelis Gandrung Nabi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 22 Feb 2022 13:40
Last Modified: 22 Feb 2022 13:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49568

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum