EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PAI MELALUI DARING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP DI SMKN 1 MAGELANG PADA MASA PANDEMI COVID-19

Nur Faizin, NIM .17204011118 (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PAI MELALUI DARING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP DI SMKN 1 MAGELANG PADA MASA PANDEMI COVID-19. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PAI MELALUI DARING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP DI SMKN 1 MAGELANG PADA MASA PANDEMI COVID-19)
17204011118_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PAI MELALUI DARING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP DI SMKN 1 MAGELANG PADA MASA PANDEMI COVID-19)
17204011118_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini beranjak dari kebijakan kemendikbud terkait proses pembelajaran yang dialihkan menjadi daring. sehingga, seluruh kegiatan dalam bidang pendidikan termasuk didalamnya pembelajaran PAI dilaksanakan secara daring. Untuk menunjang proses pembelajaran tersebut, dibutuhkan komponen media pembelajaran. Salah satunya adalah Aplikasi Whatsapp yang dapat digunakan guru dalam mengelola pembelajaran dan menyampaikan materi. Namun dalam prosesnya, terkadang tidak berjalan efektif sesuai dengan yang diharapkan. Sehingga perlu adanya kajian terkait bagaimana efektivitas pembelajaran melalui daring dengan menggunakan Aplikasi Whatsapp selama pandemi Covid-19 sebagai bahan evaluasi dan langkah perbaikan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menguji efektivitas pembelajaran daring dengan menggunakan Aplikasi Whatsapp (2) Mengkritisi media pembelajaran Aplikasi Whatsapp yang digunakan (3) Memeriksa implikasi penggunaan media Aplikasi Whatsapp dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode gabungan antara kualitatif dan kuantitatif. Data pada penelitian ini diperoleh melalui teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan juga dari hasil angket yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Efektivitas Penggunaan Whatsapp sebagai media pembelajaran daring pada mata pelajaran PAI di SMKN 1 Magelang terbilang cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil angket 61,2% dari 116 siswa menyatakan bahwa dengan aplikasi whatsapp mereka dapat belajar dengan fleksibel, bebas dimanapun selama terhubung internet. Namun di sisi lain hasil angket menunjukkan 53,4% dari 116 siswa menyatakan kurang aktif dalam proses pembelajaran berlangsung dan juga 51,7% menyatakan mereka merasa jenuh sehingga kurang fokus dalam memahami materi yang disampaikan di grup whatsapp. (2) Alasan mengapa menggunakan Aplikasi Whatsapp : a. Hasil musyawarah guru PAI dan atas rekomendasi kepala sekolah, b. Familiar, Media paling mudah diantara aplikasi lainnya, c. Faktor Pendukung Pembelajaran, d. Faktor penghambat pembelajaran. (3) Implikasi penggunaan Aplikasi whatsapp dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran terbagi menjadi 2 aspek : Kuantitas, indikator efektivitas pembelajaran dari segi proses maupun hasil secara umum telah tercapai dengan cukup baik. Dari segi proses yaitu kemudahan penggunaan media dalam pembelajaran dan dari segi hasil yaitu tingginya hasil belajar siswa di atas nilai KKM. Kualitas, indikator efektivitas pembelajaran dari segi penyerapan materi oleh siswa menggunakan aplikasi whatsapp masih perlu ada inovasi yang bisa membuat siswa kembali aktif dan semangat dalam mempelajari materi demi materi yang disampaikan oleh guru di grup whatsapp.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran PAI, Aplikasi Whatsapp, Covid-19.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 22 Feb 2022 14:07
Last Modified: 22 Feb 2022 14:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49575

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum