EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SMP N 5 PURWOREJO

M. Rifqi Zulfikar Al Ansori, NIM..18204011046 (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SMP N 5 PURWOREJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SMP N 5 PURWOREJO)
18204011046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII SMP N 5 PURWOREJO)
18204011046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Era globalisasi ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak hanya terbatas pada alat elektronik saja tetapi lebih luas dari itu aplikasi media sosial dan pendidikanpun berkembang pesat. Proses perkembangan ini tentu didukung dalam Al-Quran dan hadist yang yang mengajurkan kita untuk terus meningkatkan kemampuan ilmiah. Pandemi korona ( COVID 19 ) mengharuskan Pembelajaran dilakukan secara daring. Hal ini berpengaruh juga terhadap proses pembelajaran yang mengharuskan tetap tercapainya visi dan misi pembelajaran. Fenomena ini mengharuskan guru Pendidikan Agama Islam senantiasa melakukan inovasi dalam melakukan pembelajaran terlebih lagi PAI memiliki tanggung jawab lebih selain mengajarkan ilmu agama Islam juga menanamkan akhlakul karimah kepada siswa. Pembelajaran secara daring dilakukan menggunakan platfrom Google Classroom agar pembelajaran tetap efektif. Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan, efektifitas, serta kendala dan solusi penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran secara daring. Keterbatasan keadaan, waktu dan jarak mengharuskan adanya materi esensial era pandemi. Guna mencapai tujuan, dalam hal ini peneliti melakukan penelitian dengan metode kualitatif. Jenis penelitian yang dilakukan yakni penelitian lapangan (field researech). Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner angket. Responden dalam penelitian ini terdiri atas 96 peserta didik kelas VIII SMP N 5 Purworejo. Data yang diperoleh dari lapangan kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Google Classroom sebagai media pembelajaran mampu memberikan kemudahan kepada peserta didik dalam mengakses materi, tugas, serta pengumpulannya. Beragam jenis materi dan tugas dapat dibagikan, dilihat atau diunduh dengan mudah oleh peserta didik. Google classroom juga memiliki fitur pengingat waktu pengumpulan tugas serta memberi kesempatan peserta didik untuk dapat berkomunikasi secara personal kepada guru. Selanjutnya, pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan metode daring melalui media Google Classroom di SMP N 5 Purworejo berjalan cukup efektif. Efektifitas google classroom sebagai media pembelajaran daring mengacu pada tiga indikator yakni: kualitas pembelajaran, insentif, kesesuaian dan waktu. Materi esensial mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti yang digunakan selama masa pandemi menjadi salah satu cara untuk mengefektifkan ketercapaian tujuan pembelajaran. Meski demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa masih terdapat kendala dalam pembelajaran secara daring. Kendala tersebut meliputi kurangnya fasilitas dalam aplikasi berupa audio tatap muka secara live streaming dan jendela akses video. Namun hal tersebut dapat disikapi dengan alternatif penambahan tautan video sebagai sarana pembelajaran. Adanya kelebihan dan kendala dalam penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran, menjadikan blanded learning perlu dipertimbangkan dan dikembangkan dalam proses pembelajaran di masa pandemi, sebab ada materi-materi tertentu yang lebih efektif jika disampaikan secara langsung atau luring, serta ada materi-materi yang perlu disertai penguatan atau klarifikasi secara langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muh Wasith Achadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: google clasroom, media pembelajaran daring
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Feb 2022 13:16
Last Modified: 24 Feb 2022 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49625

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum