SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN BI’AH LUGAWIYYAH DAN TAH}FIZAL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN HAMALATUL QUR’AN YOGYAKARTA 2021/2022

M. Husni Arsyad, NIM. 18204021001 (2022) SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN BI’AH LUGAWIYYAH DAN TAH}FIZAL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN HAMALATUL QUR’AN YOGYAKARTA 2021/2022. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN BI’AH LUGAWIYYAH DAN TAH}FIZAL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN HAMALATUL QUR’AN YOGYAKARTA 2021/2022)
18204021001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (SISTEM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN BI’AH LUGAWIYYAH DAN TAH}FIZAL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN HAMALATUL QUR’AN YOGYAKARTA 2021/2022)
18204021001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Pondok pesantren merupakan lahan tersubur penyebaran bahasa Arab di Indonesia. Hal ini dikarenakan kurikulum yang diterapkan di berbagai pondok pesantren ini mencakup materi keislaman yang semuanya diambil dari literatur berbahasa Arab. Hal ini juga dilakukan oleh pondok pesantren Hamalatul Qur’an Yogyakarta yang menerapkan sistem pembelajaran bahasa Arab yang ditunjang dengan progam bi<’ah lugawiyyah dan tah}fi<z{ al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren Hamalatul Qur’an Yogyakarta serta progam pendukungnya, yaitu progam bi<’ah lugawiyyah dan tah}fi<z{ al-Qur’a>n. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data bersumber dari para informan dan dokumen-dokumen pendukung. Adapun instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Sistem pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren Hamalatul Qur’an terdiri dari berbagai unsur yang saling berkaitan dan disesuaikan dengan tujuan pembelajaran bahasa Arab di pesantren ini. unsur-unsur tersebut meliputi asa>tiz\ pengampu bahasa Arab, santri, serta prosedur yang mencakup metode, materi dan evaluasi pembelajaran. Adapun sistem pengajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah sistem gabungan, yaitu sistem yang mengombinasikan sistem terpadu (niz}a>m al-wah}dah) dengan sistem terpisah (niz}a>m al-furu>’). 2) Sistem pembelajaran bahasa Arab di pesantren ini didukung dengan progam bi<’ah lugawiyyah yaitu progam yang bertujuan membantu santri untuk meraih tujuan sistem pembelajaran bahasa Arab dan sebagai wadah dalam mempraktekkan bahasa Arab di kehidupan sehari-hari. Serta didukung dengan progam tah}fi<z{ al-Qur’a>n yang merupakan salah satu progam unggulan di pesantren tersebut. 3) Pembelajaran bahasa Arab melalui bi<’ah lugawiyyah ini diimplementasikan dengan menciptakan berbagai lingkungan bahasa, baik lingkungan bicara, dengar, baca dan pandang-dengar. Adapun implementasi pembelajaran bahasa Arab melalui progam tah>fi<z{ al-Qur’a>n dapat dilihat dari progam tah}si>n al-Qur’a>n dan tasmi>’ al-Qur’a>n. 4) Aspek-aspek yang dikembangkan melalui progam bi<’ah lugawiyyah dan tah}fi<z{ al-Qur’a>n meliputi keterampilan berbicara, mendengar, membaca dan ‘ilmu al-as}wa>t. 5) Dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan dua progam ini terdapat faktor-faktor pendukung dan penghambat. Diantara faktor pendukung adalah banyaknya asa>tiz\ alumni Timur Tengah, sedangkan salah satu faktor penghambatnya adalah kurangnya kesadaran santri dalam mempraktekkan bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Maksudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Sistem Pembelajaran Bahasa Arab, Bi<’ah lugawiyyah, Tah}fiz al-Qur’an
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Feb 2022 13:17
Last Modified: 23 Feb 2022 13:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49628

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum