EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI METODE BACA TULIS AL-QUR’AN (Studi Terhadap Metode Qiroati dan Metode Bittuqo di Yayasan Pondok Pesantren Minhajuth Thullab Lampung Timur)

Ahmad Qomarudin,, NIM 19204010024: (2022) EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI METODE BACA TULIS AL-QUR’AN (Studi Terhadap Metode Qiroati dan Metode Bittuqo di Yayasan Pondok Pesantren Minhajuth Thullab Lampung Timur). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI METODE BACA TULIS AL-QUR’AN (Studi Terhadap Metode Qiroati dan Metode Bittuqo di Yayasan Pondok Pesantren Minhajuth Thullab Lampung Timur))
19204010024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI METODE BACA TULIS AL-QUR’AN (Studi Terhadap Metode Qiroati dan Metode Bittuqo di Yayasan Pondok Pesantren Minhajuth Thullab Lampung Timur))
19204010024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Adanya kebutuhan akan kemampuan seorang santri dalam bidang Baca dan Tulis Al-Qur’an (BTQ) membuat banyak metode pembelajaran yang berkembang, penerapan metode tersebut untuk memperoleh hasil atau efek dari pembelajaran, sehingga faktor efektifitas dan efisiensi menjadi tolak ukur dalam penerapan metode pembelajaran, kebutuhan akan Metode Baca Tulis Al-Qur’an yang praktis serta efektif yang menjadi latar belakang Yayasan Pondok Pesantren Minhajuth Thullab selektif dalam menentukan metode pembelajaran Al-Qur’an pada santrinya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas dan efisiensi metode baca tulis Al-Qur’an yang ada di pondok pesantren Minhajut Thullab Lampung. Penelitian ini menjawab seberapa Efektifitas dan efisiensi metode baca dan Tulis Al-Qur’an yang digunakan di Yayasan Pondok Pesantren Minhajuth Thullab Lampung, antara metode Qiroati dan Metode Bittuqo, dan penyebab terjadinya pergantian metode BTQ di lokasi penelitian. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif karena penelitian ini berusaha mendeskripsikan atau menjelaskan setiap peristiwa yang terjadi selama penelitian berlangsung. Untuk instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data dengan proses pencarian dan pengorganisasian secara sistematis hasil wawancara, catatan, dan setelah itu dilakukan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan/Verifikasi (conclution drawing/verification). Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsep pembelajaran Al-Qur’an Metode Qiroati adalah membudayakan membaca dengan tartil dan untuk metode Bittuqo yaitu mampu membaca Al-Qur’an dengan baik, benar dan indah serta mampu menulis apa yang dilafalkan. Keberhasilan dalam sebuah pembelajaran ditentukan oleh kemampuan seorang pendidik untuk menyampaikan materi ajar kepada santri atau peserta didik. Efektivitas pada dunia pendidikan dapat dilihat dari dua segi, yang pertama adalah segi efektivitas mengajar guru dan yang kedua adalah segi efektivitas belajar murid. Faktor yang menjadi dasar pergantian metode baca dan tulis al-qur’an di yayasan pondok pesantren minhajuth thullab ada 3 hal yaitu: Kesulitan menerapkan aturan Metode Qiroati Pusat, Pergeseran Paradigma (paradigm Shift), Eksistensi Kelembagaan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Efisiensi, Metode Baca Tulis Al-Qur’an
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Feb 2022 13:15
Last Modified: 23 Feb 2022 13:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49639

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum