PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LANSIA TERLANTAR ERA PANDEMI COVID-19 DI UPT RPLUT BUDHI DHARMA YOGYAKART

Sri Hati Putri, S.Sos, NIM.: 19200010097 (2022) PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LANSIA TERLANTAR ERA PANDEMI COVID-19 DI UPT RPLUT BUDHI DHARMA YOGYAKART. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LANSIA TERLANTAR ERA PANDEMI COVID-19 DI UPT RPLUT BUDHI DHARMA YOGYAKART)
19200010097_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LANSIA TERLANTAR ERA PANDEMI COVID-19 DI UPT RPLUT BUDHI DHARMA YOGYAKART)
19200010097_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tersebarnya virus COVID-19 menjadi permasalahan besar bagi lansia. Hal ini akan mengakibatkan kesehatan mental serta kesehatan fisik lansia makin memburuk. Selain itu lansia sangat rentan akan tertularnya virus ini dikarenakan daya tahan tubuh yang sudah menipis. Upaya untuk memberikan kualitas pelayanan yang baik kepada lansia membutuhkan peran pekerja sosial untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik. Pekerja sosial di sini menjadi tim terpenting akan tujuan yang sudah direncanakan dan ingin dicapai oleh panti saat menghadapi COVID-19. Berdasarkan hal tersebut UPT Rumah Pelayanan Lanjut Usia Terlantar (RPLUT) Budhi Dharma Yogyakarta mendapatkan tantangan terbesar dengan adanya permasalahan mengenai Pandemi COVID-19 dalam memberikan pelayanan yang berkualitas untuk mendorong kepercayaan masyarakat khususnya lansia. Dalam penelitian ini yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana peran pekerja sosial era pandemi COVID-19 dan bagaimana faktor penghambat dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap lansia terlantar era pandemi COVID-19 di UPT Rumah Pelayanan Lanjut Usia Terlantar Budhi Dharma? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Hal ini dilakukan karena pada proses penelitian lebih cocok menggunakan pendekatan deskriptif yang akan menyajikan secara langsung hubungan antara peneliti dengan yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa metode yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sebagai data primer dan data sekunder berupa buku-buku literatur, data yang berupa dokumen serta peraturan perundang-undangan. Hasil penelitian dari peran pekerja sosial dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap lansia terlantar era pandemi COVID-19 di UPT RPLUT Budhi Dharma Yogyakarta berdasarkan peran pekerja sosial pada masa pandemi COVID-19 memiliki perubahan terhadap pelayanan yang diberikan kepada kelayan. Mulai dari penerimaan kelayan baru yang mana pekerja sosial melakukan survey secara daring, pembatasan saat melakukan asesmen dan intervensi yang dilakuan demi lansia yang positif. Advokasi secara internal maupun eksternal dan melakukan aktivitas diluar kebiasaan. Selain itu Kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh Parasuraman, Zeithaml, dan Berry diperoleh hasil yang sudah mendukung dan sesuai pada kepentingan lansia seperti bukti fisik, jaminan, empati dan daya tanggap. Sehingga faktor penghambat yang dialami oleh panti dan lansia tidak terlalu berpengaruh dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pekerjaan Sosial
Covid-19
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 24 Feb 2022 12:06
Last Modified: 24 Feb 2022 12:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49664

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum