STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN CRITICAL THINKING DI SMA NEGERI 02 KOTA BENGKULU

Hastin Azkiah, NIM. 19204010039 (2021) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN CRITICAL THINKING DI SMA NEGERI 02 KOTA BENGKULU. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN CRITICAL THINKING DI SMA NEGERI 02 KOTA BENGKULU)
19204010039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN CRITICAL THINKING DI SMA NEGERI 02 KOTA BENGKULU)
19204010039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang yang diangkat oleh peneliti pada penelitian ini dipengaruhi oleh hasil dari Partnership 21st of Century Skill yang mengidentifikasikan pembelajaran abad 21 harus mampu mengembangkan kemampuan kompetetif yang diperlukan oleh masyarakat yang berfokus pada pengembangan keterampilan abad 21. Keterampilan tersebut adalah “the 4cs” yang dianggap menjadi standar keterampilan yang harus dimiliki individu agar dapat bertahan dan bersaing dalam menghadapai tantangan yang dihadirkan oleh zaman yang semakin berkembang. Critical thinking adalah salah satu diantara keempat keterempilan tersebut dan merupakan keterampilan tingkat tinggi yang harus dikuasai dahulu untuk memecahkan permasalahan yang sedang atau akan dihadapi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pendeketan penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, yakni data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka- angka. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan triangulasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peserta didik di SMAN 2 Kota Bengkulu memiliki kemampuan critical thinking dengan lima indikator. Indikator tersebut adalah sebagai berikut:1) Kemampuan menginterpretasikan,2) Kemampuan menganalisis,3) Kemampuan membuat inferensi, 4) Kemampuan mengevaluasi dan 5) Kemampuan mengatur diri. Strategi yang digunakan oleh guru adalah strategi pembelajaran tidak langsung didukung dengan penerapan metode yang bervariatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I,
Uncontrolled Keywords: Strategi guru PAI, Critical thinking, the 4cs.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Feb 2022 13:16
Last Modified: 23 Feb 2022 13:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49666

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum