BIMBINGAN PERNIKAHAN BAGI PASANGAN PENGANTIN USIA DEWASA AWAL UNTUK MEMINIMALISIR PERCERAIAN DI KUA KEC. UMBULHARJO YOGYAKARTA

Murti Muninggar, NIM.: 19200010138 (2022) BIMBINGAN PERNIKAHAN BAGI PASANGAN PENGANTIN USIA DEWASA AWAL UNTUK MEMINIMALISIR PERCERAIAN DI KUA KEC. UMBULHARJO YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN PERNIKAHAN BAGI PASANGAN PENGANTIN USIA DEWASA AWAL UNTUK MEMINIMALISIR PERCERAIAN DI KUA KEC. UMBULHARJO YOGYAKARTA)
19200010138_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN PERNIKAHAN BAGI PASANGAN PENGANTIN USIA DEWASA AWAL UNTUK MEMINIMALISIR PERCERAIAN DI KUA KEC. UMBULHARJO YOGYAKARTA)
19200010138_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Munculnya kasus dalam kehidupan pernikahan adalah suatu penyebabnya perceraian yang umum terjadi pada pasangan suami istri. penyebab tersebut sering dilakukan oleh kedua pasangan ataupun salah satunya yang merasakan ketimpangan pada pernikahan yang sulit untuk diatasi. Oleh sebab itu untuk meminimalisir terjadinya perceraian, sebelum melangsungkan pernikahan pasangan pengantin perlu mendapatkan bimbingan pernikahan. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah jenis lapangan (fieldtrip research). Sifat pada penelitian menggunakan sifat analisis deskiftif.Teknik penelitian menggunakan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu metode wawancara dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan yaitu redaksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan bimbingan pernikahan dibagai menjadi dua tahapan yaitu pra pelaksananaan dan tahap pelaksanaan. Tahap pra pelaksanaan yaitu masing-masing pasngan pengantin harus memenuhi beberapa prosedur seelum melaksanakan bimbingan pernikahan. Pada tahap pelaksanaan materi yang disampaikan yaitu mempersiapkan keluarga sakinah, mengeola psikologi, dinamika keluarga, memenuhi kebutuhan, mengelola keuangan keluarga, menjaga kesehatan reproduksi, pencegahan stunting anak dan mempersiapkan generasi berkualitas. Materi tersebut dilakukan dengan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Media yang digunakan adalah media lisan (2) Program bimbingan pernikahan yang ada di KUA Kec. Umbulharjo Yogyakarta dibagi menjadi dua macam yaitu bimbingan terpadu dan bimbingan mandiri. (3) Kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan bimbingan pernikahan yaitu kelebihannya antara lain memiliki letak yang sangat stategis dan mudah dijangkau bagi masyarakat, memiliki sarana dan prasarana yang sudah mewadahi, materi yang diberikan sudah berkompeten dari pemerintah dan metode penyampian yang sangat sederhana. Sedangkan kekurangan dalam pelaksanaan bimbingan pernikahan yaitu kurangnya tenaga pembimbing, kurangnya disiplin pada peserta yang mengikuti bimbingan pernikahan, kesulitan untuk mengklasifikasikan dari tingkatan pendidikan yang berbeda sehingga menyebabkan tingkat pemahaman yang berbeda, keterbatasan waktu dan peserta bimbingan pernikahan tidak mendapatkan izin untuk mengikuti bimbingan pernikahan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nurus Sa’adah,S.Psi., M.Si
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pernikahan, Dewasa Awal, Perceraian.
Subjects: Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan > Bimbingan Perkawinan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 24 Feb 2022 11:57
Last Modified: 24 Feb 2022 11:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49676

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum