ADAPTASI MASKULINITAS DAN FAKTOR PENDORONG KETERLIBATAN PEREMPUAN DI RESIMEN MAHASISWA MAHAKARTA SATUAN 03 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Sulistiawati, NIM.: 19200010141 (2021) ADAPTASI MASKULINITAS DAN FAKTOR PENDORONG KETERLIBATAN PEREMPUAN DI RESIMEN MAHASISWA MAHAKARTA SATUAN 03 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ADAPTASI MASKULINITAS DAN FAKTOR PENDORONG KETERLIBATAN PEREMPUAN DI RESIMEN MAHASISWA MAHAKARTA SATUAN 03 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
19200010141_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA1.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ADAPTASI MASKULINITAS DAN FAKTOR PENDORONG KETERLIBATAN PEREMPUAN DI RESIMEN MAHASISWA MAHAKARTA SATUAN 03 UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
19200010141_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

MENWA identik dengan kegiatan semi militer dan sifat maskulinitasnya. Umumnya, organisasi ini diikuti oleh mahasiswa laki-laki. Namun, dalam beberapa tahun terakhir ada peningkatan jumlah mahasiswa putri yang bergabung di organisasi intra kampus ini. Misalnya pada MENWA UIN Sunan Kalijaga periode 2020/2021, terdapat peningkatan anggota perempuan yang cukup signifikan, yakni, 9 orang perempuan dan 5 laki-laki. Tentu hal ini menjadi sangat menarik untuk diteliti dan diketahui. Apa yang menjadi daya tarik dan yang diinginkan oleh anggota putri terjun di sana? Dan setelah bergabung apa yang mereka rasakan sebagai anggota MENWA yang identik dengan sisi-sisi maskulinitas tersebut? Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif-deskriptif dengan analisis. Di dalam mencari dan mengumpulkan data, peneliti menggunakan model triangulasi (observasi, wawancara dan dokumentasi), pertama, peneliti melakukan seleksi dalam pemilihan narasumber yang sesuai dengan kriteria yang tentunya telah di tentukan sebelumnya. Kemudian, pisau analisis yang digunakan, yakni teori maskulinitas milik Halberstam dan Peter Lehman. Tesis menemukan bahwa sejumlah faktor yang melatarbelakangi anggota perempuan untuk terjun ke organisasi ini antara lain: faktor sosial (masih patriarki), faktor orang tua (menginginkan anaknya menjadi pribadi yang kuat dan penerus jejak orangtuanya), faktor pengalaman (pernah mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan dari sosialnya). Sifat maskulinitas yang diadopsi oleh para MENWA perempuan yaitu: kekuatan, keberanian, kepahlawanan dan kepemimpinan. Adapun pembentukan maskulinitas anggota putri MENWA merasakan kendala saat beradaptasi dengan lingkungan organisasi tersebut seperti fisik, mental dan sosial. Identitas maskulin yang dilabeli pada organisasi MENWA dalam membentuk kadernya agar menjadi pribadi yang kuat baik secara fisik maupun mental harus dijalankan oleh laku yang ada di dalamnya. Hal tersebut membuat sebagian dari mereka emosional ketika berproses di UKM tersebut. Dengan demikian, anggota putri ingin melakukan sebuah pembuktian agar tidak dianggap lemah oleh lingkungan sosial di sekitarnya. Namun demikian, walaupun telah terpenuhi aspek maskulinitasnya, tetap saja keberadaan anggota putri tidak sepenuhnya diterima oleh masyarakat karena masih mendapatkan ketidakadilan dari sosialnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Witriani, S.S. M.Hum
Uncontrolled Keywords: Adaptasi Maskulinitas, Faktor, dan Anggota Putri UKM MENWA Satuan 03 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Subjects: Gender
Islam dan Organisasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Islam dan Kajian Jender
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 24 Feb 2022 11:24
Last Modified: 24 Feb 2022 11:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49678

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum