PEMBIASAAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL MELALUI KEGIATAN MALAM BINA IMAN DAN TAQWA (MABIT) BERBASIS PESANTREN DI SMK DIPONEGORO DEPOK SLEMAN

Umdaturrosyidah, NIM. 19204010072 (2022) PEMBIASAAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL MELALUI KEGIATAN MALAM BINA IMAN DAN TAQWA (MABIT) BERBASIS PESANTREN DI SMK DIPONEGORO DEPOK SLEMAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBIASAAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL MELALUI KEGIATAN MALAM BINA IMAN DAN TAQWA (MABIT) BERBASIS PESANTREN DI SMK DIPONEGORO DEPOK SLEMAN)
19204010072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBIASAAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL MELALUI KEGIATAN MALAM BINA IMAN DAN TAQWA (MABIT) BERBASIS PESANTREN DI SMK DIPONEGORO DEPOK SLEMAN)
19204010072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik SMK Diponegoro Depok Sleman yang tidak hanya didominasi oleh peserta didik yang berasal dari DIY saja melainkan dari berbagai provinsi. Sehingga tidak mudah bagi peserta didik saling bersikap terbuka, dan menerima perbedaan. Hal tersebut membutuhkan pembiasaan agar bisa saling menerima perbedaan-perbedaan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Nilai-nilai multikultural melalui kegiatan malam bina iman dan taqwa di SMK Diponegoro Depok Sleman 2) Proses nilai-nilai multikultural melalui kegiatan malam bina iman dan taqwa di SMK Diponegoro Depok Sleman 3) Dampak multikultural melalui kegiatan malam bina iman dan taqwa di SMK Diponegoro Depok Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber informasi penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bidang keagamaan, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Guru PPkn, dan sumber lainya yang mendukung data penelitian. Metode analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, kemudian ditarik kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Nilia-nilai multikultural yang dibiasakan melalui malam bina iman dan taqwa ( MABIT) di SMK Diponegoro Depok Sleman yaitu nilai toleransi, nilai kerjasama dan nilai kemanusiaan. 2) Proses pembiasaan nilai-nilai multikultural melalui kegiatan malam bina iman dan taqwa di SMK Diponegoro Depok Sleman yaitu pembiasaan nilai toleransi, Kerjasama, dan kemanusiaan yang didampingi dan dibina oleh dewan guru serta pengisi acara yang berasal dari banser Kecamatan Depok dan Kepolisian Sektor Depok Timur Kabupaten Sleman. 3) Dampak Pembiasaan Nilai-Nilai Multikultur Melalui Kegiatan Malam Bina Iman Dan Taqwa (MABIT) Di SMK Diponegoro Depok Sleman adalah perubahan dari peserta didik, faktor pendukung dan penghambat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muqowim, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan, Multikultural, Mabit.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Feb 2022 16:02
Last Modified: 23 Feb 2022 16:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49697

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum