BIMBINGAN KETERAMPILAN MEMBATIK SEBAGAI BEKAL KEMANDIRIAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS GRAHITA DI PANTI III YAYASAN SAYAP IBU CABANG D.I. YOGYAKARTA

Niah Husniyati, NIM.: 18102020020 (2022) BIMBINGAN KETERAMPILAN MEMBATIK SEBAGAI BEKAL KEMANDIRIAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS GRAHITA DI PANTI III YAYASAN SAYAP IBU CABANG D.I. YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KETERAMPILAN MEMBATIK SEBAGAI BEKAL KEMANDIRIAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS GRAHITA DI PANTI III YAYASAN SAYAP IBU CABANG D.I. YOGYAKARTA)
18102020020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KETERAMPILAN MEMBATIK SEBAGAI BEKAL KEMANDIRIAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS GRAHITA DI PANTI III YAYASAN SAYAP IBU CABANG D.I. YOGYAKARTA)
18102020020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penyandang Disabilitas grahita memiliki keterbatasan intelegensi dan mempunyai kecakapan interaksi sosial yang kurang, sehingga berimbas pada perkembangan kemandiriannya. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Panti III Yayasan Sayap Ibu Cabang D.I. Yogyakarta untuk membekali kemandirian penyandang disabilitas grahita adalah dengan diberikan bimbingan keterampilan membatik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis langkah-langkah bimbingan keterampilan membatik dengan batik ciprat sebagai bekal kemandirian di Panti III Yayasan Sayap Ibu Cabang D.I. Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis data deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang didapatkan kemudian disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab rumusan masalah dalam penelitian. Subjek dalam penelitian ini yaitu pimpinan panti, pekerja sosial, tentor membatik dan empat orang anak binaan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan keterampilan membatik dilaksanakan dengan 4 langkah yakni: Pembentukan, peralihan, kegiatan dan pengakhiran. Beberapa perubahan dalam aspek kemandirian terlihat pada anak binaan setelah mengikuti bimbingan keterampilan membatik ciprat, perubahan tersebut terlihat dalam aspek emosi, aspek ekonomi, aspek intelektual dan aspek sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ferra Puspito Sari, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: ketrampilan membatik; disabilitas grahita; anak asuh
Subjects: Bimbingan Konseling
DISABILITAS
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Feb 2022 09:52
Last Modified: 24 Feb 2022 09:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49704

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum