PENGARUH POSITIVE REINFORCEMENT TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI TKA-TPA-TQA ANWAR RASYID YOGYAKARTA

Nur Azizah, NIM.: 18102020021 (2022) PENGARUH POSITIVE REINFORCEMENT TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI TKA-TPA-TQA ANWAR RASYID YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH POSITIVE REINFORCEMENT TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI TKA-TPA-TQA ANWAR RASYID YOGYAKARTA)
18102020021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH POSITIVE REINFORCEMENT TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN SANTRI TKA-TPA-TQA ANWAR RASYID YOGYAKARTA)
18102020021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penemuan masalah terkait kurangnya motivasi menghafal Al-Qur’an santri di TKA-TPA-TQA Anwar Rasyid seperti rasa malas, tidak disiplin dan lain sebagainya. Menghadapi permasalahan tersebut, para ustaz-ustazah menerapkan teknik positive reinforcement untuk meningkatkan kembali motivasi santri dalam menghafal Al-Qur’an. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh positive reinforcement terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an santri di TKA-TPA-TQA Anwar Rasyid Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi, untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen maka peneitian ini mengambil sampel sebanyak 30 sampel yang dilakukan dengan teknik purposive sampling. Setelah melakukan pengumpulan data melalui angket kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS 25.0 for windows. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear yang menghasilkan bahwa: nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya signifikan dan H1 diterima. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh positive reinforcement terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an santri. Variabel positive reinforcement memiliki pengaruh terhadap variabel motivasi menghafal Al-Qur’an santri sebesar 59,8%, sedangkan 40,2% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Pengaruh yang diberikan positive reinforcement terhadap motivasi menghafal berpengaruh positif, artinya semakin tinggi positive reinforcement akan semakin tinggi pula motivasi menghafal Al- Qur’an santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Nur Fitriyani Hardi, M.Psi.
Uncontrolled Keywords: positive reinforcement; motivation to memorize the Qur'an; motivasi
Subjects: Psikologi > Motivasi
Psikologi > Psikologi Remaja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Feb 2022 10:01
Last Modified: 24 Feb 2022 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49705

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum