PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KECERDASAN SPIRITUAL SANTRI TERHADAP HASIL BELAJAR TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PPTQ MUHAMMADIYAH IBNU JURAIMI YOGYAKARTA

Ary Asyari, NIM. 19204010080 (2021) PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KECERDASAN SPIRITUAL SANTRI TERHADAP HASIL BELAJAR TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PPTQ MUHAMMADIYAH IBNU JURAIMI YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KECERDASAN SPIRITUAL SANTRI TERHADAP HASIL BELAJAR TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PPTQ MUHAMMADIYAH IBNU JURAIMI YOGYAKARTA)
19204010070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KECERDASAN SPIRITUAL SANTRI TERHADAP HASIL BELAJAR TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PPTQ MUHAMMADIYAH IBNU JURAIMI YOGYAKARTA)
19204010070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Saat ini program tahfidz Al-Qur’an banyak diselenggarakan di sebuah Lembaga, salah satu Lembaga yang menyelenggarakan program tahfidz sebagai program utamanya ialah PPTQ Muhhammadiyah ibnu Juraimi. Namun masih banyak santri PPTQ Muhammadiyah Ibnu Juraimi Yogyakarta yang belum mampu untuk mencapai target yang ditetapkan oleh pondok, target yang dimaksud ialah menyelesaikan hafalan 30 juz. Tentu ada banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut, salah satunya adalah perbedaan tingkat kecerdasan yang dimiliki oleh para santri. Tingkat kecerdasan yang dimaksud ialah kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdsasan spiritual. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui: 1) pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdsasan emosional dak kecerdasan spiritual secara parsial terhadap hasil belajar tahfidz di PPTQ Muhammadiyah Ibnu Juraimi Yogyakarta. 2) pengeruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual secara simultan terhadap hasil belajar tahfidz Al-Qur’an di PPTQ Muhammmadiyah Ibnu Juraimi 3) Seberapa besar kontribusi dari masing masing kecerdasan terhadap hasil belajar tahfidzul Qur’an di PPTQ Muhammadiyah Ibnu Juraimi Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu metode survei. Pengambilan data untuk varaibel kecerdasan intelektual dengan menggunakan tes IQ, sedangkan variabel kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan menyebar kuisioner kepada responden dan untuk variabel hasil belajar dengan mengambil nilai rata rata raport. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh yaitu semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknis analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: IQ, EQ dan SQ santri berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar tahfidz di PPTQ Muhammadiyah Ibnu Juraimi Yogyakarta, dibuktikan dengan nilai sig dari uji regresi berganda adalah sebesar 0.001 < 0.005. sedangkan secara parsial hanya kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual saja yang berpengaruh terhadap hasil belajar tahfidz, sementara kecerdasan intelektual secara parsial tidak berpengaruh terhadap hasil belajar tahfidz di PPTQ Muhammadiyah Ibnu Juraimi. Ini dibuktikan dengan hasil dari uji regresi sederhana yang menunjukan nilai sig dari variabel EQ terhadap hasil belajar tahfidz adalah senilai 0,023<0.05. nilai sig dari variabel SQ terhadap hasil belajar tahfidz adalah sebesar 0,000<0,05. Sedangkan nilai sig dari IQ terhadap hasil belajar tahfidz adalah senilai 0,724>0,05. EQ memberikan kontribusi sebesar 10,3% terhadap hasil belajar tahfidz, SQ memberikan kontribusi sebesar 25% terhadap hasil belajar tahfidz. IQ, SQ & IQ secara bersama-sama memberikan kontribusi sebsear 29,2% terhadap hasil belajar tahfidz.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Sukiman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Hasil Belajar Tahfidz Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Feb 2022 10:33
Last Modified: 24 Feb 2022 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49711

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum