PENGARUH PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH/RA DAN EVALUASI DIRI MADRASAH/RA TERHADAP KETERCAPAIAN STANDAR MUTU PENDIDIKAN

Ummiasih;, NIM. 17204090007 (2022) PENGARUH PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH/RA DAN EVALUASI DIRI MADRASAH/RA TERHADAP KETERCAPAIAN STANDAR MUTU PENDIDIKAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH/RA DAN EVALUASI DIRI MADRASAH/RA TERHADAP KETERCAPAIAN STANDAR MUTU PENDIDIKAN)
17204090007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH/RA DAN EVALUASI DIRI MADRASAH/RA TERHADAP KETERCAPAIAN STANDAR MUTU PENDIDIKAN)
17204090007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Ketercapaian standar mutu pendidikan suatu lembaga sekolah ditinjau dari bagaimana seorang kepala memimpin lembaganya. Kepemimpinan seorang kepala dengan berbagai kompetensinya akan terlihat dari hasil penilaian kinerja kepala sekolah/madrasah. Dalam proses penilaian kinerja kepala sekolah juga terdapat kegiatan evaluasi diri sekolah/madrasah. Oleh karena itu, penilaian kinerja kepala sekolah/madrasah dan evaluasi diri sekolah/madrasah perlu dilakukan dalam rangka ketercapaian standar mutu pendidikan. Penilaian kinerja kepala sekolah/madrasah dilakukan bersama-sama dengan evaluasi diri sekolah/madrasah diperkirakan mempunyai pengaruh terhadap ketercapaian standar mutu pendidikan yang dilakukan pada jenjang Raudhatul Athfal se Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan dua variabel independen yaitu penilaian kinerja kepala madrasah/RA (X1) dan evaluasi diri madrasah/RA (X2) dan satu variabel dependen yaitu ketercapaian standar mutu pendidikan (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah guru dan kepala RA se Kebupaten Bantul yang berjumlah 182. Sampel diambil secara random menggunakan rumus slovin yang menghasilkan jumlah 126. Metode pengumpulan data menggunakan angke. Metode angket diberikan kepada guru dan kepala sekolah yang menjadi responden. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pengaruh penilaian kinerja kepala madrasah/RA terhadap ketercapaian standar mutu pendidikan sebesar 19% (R square = 0,190) dan 81% (100%-19%) dipengaruhi oleh variabel lain. Kedua, pengaruh evaluasi diri madrasah/RA terhadap ketercapaian standar mutu pendidikan sebesar 2,9% (R square = 0,029) dan 97,1% (100%-29%) dipengaruhi oleh variabel lain. Karena terlalu kecil pengaruh yang diberikan, menurut uji hipotesis menunjukkan tidak adanya pengaruh dari evaluasi diri madrasah/RA yang dilaksanakan oleh madrasah/RA. Ketiga, pengaruh penilaian kinerja kepala madrasah/RA dan evaluasi diri madrasah/RA terhadap ketercapaian standar mutu pendidikan sebesar 19% (R square = 0,190) dan 81% (100%-19%) dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Na’imah, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Penilaian Kinerja Kepala Madrasah/RA, Evaluasi Diri Madrasah/RA, Ketercapaian Standar Mutu Pendidikan
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Feb 2022 10:54
Last Modified: 24 Feb 2022 10:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49716

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum