BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL TERHADAP PEMBENTUKAN REGULASI EMOSI SISWA TUNALARAS DI SLB-E PRAYUWANA YOGYAKARTA

Uswatun Khasanah, NIM.: 18102020067 (2022) BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL TERHADAP PEMBENTUKAN REGULASI EMOSI SISWA TUNALARAS DI SLB-E PRAYUWANA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL TERHADAP PEMBENTUKAN REGULASI EMOSI SISWA TUNALARAS DI SLB-E PRAYUWANA YOGYAKARTA)
18102020067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL TERHADAP PEMBENTUKAN REGULASI EMOSI SISWA TUNALARAS DI SLB-E PRAYUWANA YOGYAKARTA)
18102020067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi emosi siswa tunalaras, dimana banyak diantara mereka sulit mengendalikan emosinya serta kurang dapat menyesuaikan diri dengan baik terhadap lingkungannya. SLB-E Prayuwana merangsang pembentukan regulasi emosi pada siswa tunalaras melalui bantuan berupa bimbingan pribadi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tahap-tahap bimbingan pribadi sosial terhadap pembentukan regulasi emosi siswa tunalaras di SLB-E Prayuwana Yogyakarta. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tahap-tahap bimbingan pribadi sosial terhadap pembentukan regulasi emosi pada siswa tunalaras. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan 3 (tiga) siswa tunalaras yang pernah melakukan layanan bimbingan pribadi sosial terhadap pembentukan regulasi emosi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tahap-tahap bimbingan pribadi sosial terhadap pembentukan regulasi emosi siswa tunalaras di SLB-E Prayuwana Yogyakarta adalah; pertama tahap identifikasi masalah, kedua diagnosa, ketiga prognosa, keempat terapi, kelima evaluasi dan follow up. Bimbingan pribadi sosial membentuk regulasi emosi pada siswa tunalaras berupa adanya perubahan pola pikir dan perilakunya. Seperti muncul inisiatif untuk menyapa teman sebayanya meskipun hanya sebatas gurauan, mau bersimpati dengan menawarkan bantuan kepada orang lain, siswa juga menunjukkan emosi positif daripada emosi negatif seperti mau diajak bekerja sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ferra Puspito Sari, S. Pd, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Siswa Tunalaras; regulasi emosi; anak berkebutuhan khusus (ABK)
Subjects: Bimbingan Konseling
Komunikasi Sosial
Sosial, Interaksi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Feb 2022 10:59
Last Modified: 24 Feb 2022 10:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49717

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum