TERAPI AL-QUR’AN UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS TARUNA AL-QUR’AN YOGYAKARTA

Nur Laily Robi’atul Awwaliah, NIM.: 18102020068 (2022) TERAPI AL-QUR’AN UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS TARUNA AL-QUR’AN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TERAPI AL-QUR’AN UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS TARUNA AL-QUR’AN YOGYAKARTA)
18102020068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (TERAPI AL-QUR’AN UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS TARUNA AL-QUR’AN YOGYAKARTA)
18102020068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hambatan anak autis untuk berkomunikasi dengan orang lain. Di Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an, terapi Al-Qur’an dijadikan sebagai bentuk ikhtiar yang bertujuan untuk mengurangi, menyembuhkan serta dapat meningkatkan kemampuan komunikasi pada anak autis. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis pelaksanaan dan hasil terapi Al-Qur’an untuk menstimulasi kemampuan komunikasi anak autis di Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru PAI, dan guru kelas. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu triangualasi teknik. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan terapi Al-Qur’an untuk menstimulasi kemampuan komunikasi anak autis di Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an Yogyakarta yaitu belum dilaksanakannya terapi Al-Qur’an dengan menggunakan metode yang tepat, hal tersebut menjadikan hasilnya kurang maksimal. Terapi Al-Qur’an bisa berperan sebagai terapi pendamping terhadap terapi atau intervensi lainnya. Terapi Al-Qur’an ini berfungsi sebagai pelengkap dari semua terapi untuk membantu serta melancarkan proses terapi lain yang diterapkan pada anak tersebut. Sederhananya, terapi Al-Qur’an sebagai stimulus secara religius dengan berdoa memohon kesembuhan dari Allah SWT, sedangkan terapi lain yang pada umumnya dilakukan sebagai intervensi pada anak tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ferra Puspito Sari, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: terapi Al-Qur’an; menstimulasi; anak autis; Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an Yogyakarta
Subjects: Bimbingan Konseling
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Feb 2022 11:08
Last Modified: 24 Feb 2022 11:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49719

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum