IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIZH AL QURAN MERUJUK KONSEP BLUE OCEAN STRATEGY (BOS) DALAM MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN

Chiqmatun Kasanah,, NIM: 17204091008 (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIZH AL QURAN MERUJUK KONSEP BLUE OCEAN STRATEGY (BOS) DALAM MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIZH AL QURAN MERUJUK KONSEP BLUE OCEAN STRATEGY (BOS) DALAM MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN)
17204091008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIZH AL QURAN MERUJUK KONSEP BLUE OCEAN STRATEGY (BOS) DALAM MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN)
17204091008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keresahan penulis terhadap ketimpangan pertumbuhan dan perkembangan sekolah dasar di Salatiga yang memicu adanya persaingan tidak sehat antar sekolah. sebagai organisasi pendidikan, sekolah membutuhkan strategi bisnis yang tepat agar tetap mampu bertahan, berperan, tumbuh dan berkembang sesuai dengan tujuannya. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Blue Ocean Strategy (BOS) dalam Manajemen Lembaga Pendidikan (Analisis Studi Di SD Plus Tahfizhul Quran Annida Salatiga). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Proses penelitian dilaksanakan melalui hasil observasi mendalam terhadap sumber data berupa wawancara dan dokumentasi. Data-data hasil penelitian yang dianalisis, dirangkum, dan kemudian disajikan dan disimpulkan. Untuk mendapatkan keabsahan data, dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pemeriksaan data melalui teknik trianggulasi. Hasil penelitian ini adalah : Pertama, Urgensi implementasi Blue Ocean Strategy dalam manajemen lembaga pendidikan. Yaitu : (a) Sebagai paradigma baru dalam manajemen lembaga pendidikan. (b) Membebaskan lembaga pendidikan dari persaingan yang tidak sehat. (c) Untuk mempertahankan dan meningkatkan eksistensi lembaga pendidikan. (d) Meningkatkan kompetensi, kualitas dan keterampilan SDM. Kedua, Implementasi Blue Ocean Strategy di SD Plus Tahfizhul Quran Salatiga. Yaitu : SD PTQ Annida Salatiga menjalankan sistem manajerialnya dengan mengadopsi prinsip-prinsip Blue Ocean Strategy. Antara lain : (a) Perencanaan manajemen merujuk pada klaster prinsip perumusan strategi Blue Ocean Strategy. (b) Pelaksanaan manajemen merujuk pada klaster prinsip eksekusi strategi Blue Ocean Strategy. (c) Evaluasi manajemen mengadopsi kerangka kerja empat langkah Blue Ocean Strategy. Ketiga, Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi Blue ocean strategy di SD Plus Tahfizhul Quran Annida Salatiga. Yaitu : (a) Pendukung, secara internal yaitu manajerial atau pengelolaan sekolah yang dimonitor secara langsung oleh yayasan, dan kualitas SDM yang didominasi fresh graduate yang memiliki jiwa muda, semangat, energik, visioner, kredibel, dan memiliki loyalitas tinggi. Factor pendukung eksternal berupa dukungan dari masyarakat, donator, dan lokasi yang strategis. (b) Penghambat, yaitu adanya keterbatasan infrastruktur sarana prasana, dan insidental, yaitu penghambat yang terjadi dalam situasi dan kondisi yang tidak dapat diprediksi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing :Dr. Subiyantoro, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Strategi, Blue Ocean Strategy, Manajemen Lembaga Pendidikan
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Feb 2022 11:15
Last Modified: 24 Feb 2022 11:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49721

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum