EFEKTIVITAS PERAN TOKOH MASYARAKAT DALAM MENCEGAH TERJADINYA KAWIN HAMIL (STUDI KASUS DI DESA SESEPAN KECAMATAN BALAPULANG KABUPATEN TEGAL)

M. SYAFIQ FAHMI, NIM. 18103050059 (2022) EFEKTIVITAS PERAN TOKOH MASYARAKAT DALAM MENCEGAH TERJADINYA KAWIN HAMIL (STUDI KASUS DI DESA SESEPAN KECAMATAN BALAPULANG KABUPATEN TEGAL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PERAN TOKOH MASYARAKAT DALAM MENCEGAH TERJADINYA KAWIN HAMIL (STUDI KASUS DI DESA SESEPAN KECAMATAN BALAPULANG KABUPATEN TEGAL))
18103050059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PERAN TOKOH MASYARAKAT DALAM MENCEGAH TERJADINYA KAWIN HAMIL (STUDI KASUS DI DESA SESEPAN KECAMATAN BALAPULANG KABUPATEN TEGAL))
18103050059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang efektivitas peran tokoh masyarakat dalam mencegah terjadinya kawin hamil. Hal ini dilatar belakangi oleh penurunan jumlah kasus kawin hamil di Desa Sesepan Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal, di mana para tokoh masyarakat ikut berperan dalam penurunan jumlah kasus tersebut. Pada tahun 2019 jumlah kasus kawin hamil mencapai angka 12 pasang, kemudian mengalami penurunan di tahun 2020 menjadi 5 pasang. Hal ini juga termasuk salah satu peran tokoh masyarakat dalam mencegah terjadinya kawin hamil. Namun, keefektivan peran tersebut juga perlu dikaji dengan respon para masyarakat. Maka dari itu penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam tentang Efektivitas Peran Tokoh Masyarakat Dalam Mencegah Terjadinya Kawin Hamil. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu menggunakan metode pemelitian lapangan (Field Research). Pendekatan yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan yuridis sosiologis, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Teori yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teori paradigma fungsionalis struktural, yang memandang setiap masyarakat memiliki fungsinya masing-masing. Dari penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa peran tokoh masyarakat dalam mencegah terjadinya kawin hamil di Desa Sesepan dapat dikatakan efektif, karena adanya jumlah penurunan yang cukup banyak, dalam satu tahun dapat menurun 7 kasus. Dan bukan karena hasilnya saja, namun respon yang diberikan oleh masyarakat juga baik terhadap peran tokoh masyarakat, serta saling mendukung satu sama lainnya. Adapun untuk kedepannya bisa ditingkatkan lagi dalam mencegah kawin hamil yang ada di Desa Sesepan Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SITI MUNA HAYATI M. H. I.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Peran, Tokoh Masyarakat, Kawin Hamil, Desa Sesepan Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal
Subjects: Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 24 Feb 2022 13:32
Last Modified: 24 Feb 2022 13:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49730

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum