Marjuki Duwila, NIM. 19204010127 (2022) PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM: REINTERPRETASI PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS INTERDISIPLINER. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM: REINTERPRETASI PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS INTERDISIPLINER)
19204010127_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM: REINTERPRETASI PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS INTERDISIPLINER)
19204010127_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman, permasalahan dalam pendidikan semakin kompleks. Hal tersebut menuntut para pemikir pendidikan Islam untuk terus melakukan terobosan baru dalam rangka untuk menyelesaikan permasalah yang terjadi saat ini. Karna semakin kompleks permasalahan dalam pendidikan Islam maka dibutuhkan disiplin ilmu lain dalam rangka untuk melihat problematika pendidikan Islam secara menyeluruh. Untuk itu salah satu tawaran yang dapat digunakan dalam dunia modern adalah interdisipliner. interdisipliner sendiri merupakan suatu gabungan antara dua atau lebih disiplin ilmu lain dalam rangka untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang terjadi. Adapun tujuan dari penyusunan tesis ini yaitu mencari konsep pendidikan Islam yang awalnya mengalami dikotomi dengan disiplin ilmu lain, kemudian melihatnya dengan interdisipliner dan juga bagaimana kajian interdisipliner bisa digunakan dalam dunia pendidikan Islam dan apakah akan mengalami sebuah permasalahan baru atau tidak apabila interdisipliner dikaitkan dengan pendidikan Islam. untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, baik melalui data primer maupun data sekunder. Sementara teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dengan tujuan dapat menggambarkan secara sistematis dan faktual tentang fakta yang ditemukan, kemudian diolah dan dianalisis sesuai prosedur yang ada secara objektif dan sistematis. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pendidikan Islam memiliki keterkaitan dengan disiplin ilmu lain dalam melihat dan menyelesaikan suatu permasalahan. adapun ilmu lain yang memiliki keterkaitan dengan pendidikan Islam adalah ilmu Sosiologi, filsafat, dan relevansi kajian interdisipliner di era modern
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Pembimbing : Sibawaihi, S,Ag.,M.Si.,Ph.D. |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam, Interdisipliner, Sosiologi, Psikologi, filsafat. |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) |
Depositing User: | Drs. Bambang Heru Nurwoto |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 15:10 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 15:10 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49743 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |