KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA NURUL ISLAM JEMBER DI ERA INDUSTRI 4.0

Dalila Khoirin,, .NIM. 19204010128 (2021) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA NURUL ISLAM JEMBER DI ERA INDUSTRI 4.0. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA NURUL ISLAM JEMBER DI ERA INDUSTRI 4.0)
19204010128_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA NURUL ISLAM JEMBER DI ERA INDUSTRI 4.0)
19204010128_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Setiap komponen pendidikan harus terus berubah dan berkembang sesuai tuntutan zaman, guru menjadi komponen pendidikan yang paling penting untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai perubahan. Saat ini pendidikan berada diera industri 4.0 dimana harusnya pendidikan dapat manfaat teknologi agar tujuan pendidikan dapat tercapai. Akan tetapi nyatanya pendidikan Agama Islam masih dilaksanakan secara konvensional, hal ini menjelaskan bahwa guru PAI harus mengoptimalkan kompetensi profesioanalnya sehingga dapat mengembangkan kemampuannya dalam proses pembelajaran sehingga relevan dengan tuntutan perkembangan zaman. Maka penelitian ini ingin meneliti tentang penerapan kompetensi profesional guru PAI di SMA Nurul Islam Jember pada era industri 4.0 dan bagaimana pengembangan kompetensi profesional guru PAI disana. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, sumber data primer berasal dari guru PAI, kepala sekolah, bagian SDM dan peserta didik di SMA Nurul Islam Jember, data primer tersebut didukung dengan buku bacaan, jurnal, tesis, disertasi, dan sumber lainnya. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan diskusi grup. Setelah data terkumpul peneliti menganalisis data tersebut dengan cara mereduksi data yang dianggap tidak dibutuhkan dalam menjawab rumusan masalah penelitian, setelah itu data disajikan dengan penulisan sesuai sistematika dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan dari data yang telah disajikan. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa kompetensi profesional guru PAI di SMA Nurul Islam Jember telah di implementasikan baik didalam maupun diluar proses pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi sesuai tuntutan era industri 4.0. Dalam proses pembelajaran guru membiasakan peserta didik untuk berfikir kritis, kreatif sehingga mereka dapat menciptakan hal-hal baru yang lebih efektif, guru juga membiasakan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan ajaran agama Islam yang benar, selain itu guru juga membiasakan peserta didiknya untuk memiliki sikap tanggung jawab seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, guru PAI di SMA NURIS juga mencontohkan sikap tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari. Upaya pengembangan kompetensi di SMA NURIS yaitu dengan program takhasus, pelaksanan pelatihan atau workshop yang dilaksanakan oleh bagian SDM yayasan dan yang terakhir adalah Upaya pengembangan diri sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muqowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Profesional, Industri 4.0.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Feb 2022 15:16
Last Modified: 24 Feb 2022 15:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49744

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum