NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM Q.S AL BAQARAH AYAT 30-34 TAFSIR AL MISHBAH KARYA QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PAI KURIKULUM 2013

Zaenul Mujahidin, NIM. 19204010132 (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM Q.S AL BAQARAH AYAT 30-34 TAFSIR AL MISHBAH KARYA QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PAI KURIKULUM 2013. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM Q.S AL BAQARAH AYAT 30-34 TAFSIR AL MISHBAH KARYA QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PAI KURIKULUM 2013)
19204010132_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM Q.S AL BAQARAH AYAT 30-34 TAFSIR AL MISHBAH KARYA QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PAI KURIKULUM 2013)
19204010132_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

utama. Apabila ditelaah secara seksama, akan ditemukan bahwa Al Qur’an mengandung keunikan-keunikan makna yang tiada pernah habis untuk dikaji dan memberi isyarat makna yang tak terbatas. Oleh sebab itu, apabila Al Qur’an dibaca berulang kali, akan melahirkan nuansa-nuansa baru yang berbeda dengan apa yang dipahami sebelumnya. Salah satunya yang terdapat dalam Q.S Al Baqarah ayat 30-34 tafsir Al Mishbah yang dalam kandungan ayat tersebut mengandung nilai-nilai pendidikan serta dapat memberikan pesan-pesan pendidkan bagi seluruh umat, khususnya peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan kontribusi terhadap keilmuan dalam pengayaan materi PAI Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research), dengan analisis data menggunakan conten analisis dan interpretasi. Conten analisis digunakan untuk memilih atau mencari sumber yang terkait dengan masalah penelitian, dikumpulkan kemudian dianalisis. Sedangakan metode interpretasi digunakan untuk membantu penulis dalam menemukan sejumlah kata yang mirip dengan tema yang dikaji yakni nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam surat al Baqarah dengan tema yang sama dalam surat dan ayat yang berbeda, setelah itu disimpulkan. Disamping itu penulisan ini juga menggunakan metode deskriptif analitis, dimana hal ini penulis lakukan untuk menemukan relevansi antara nilai-nilai pendidikan dengan materi PAI Kurikulum 2013. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, penafsiran dalam surat al Baqarah ayat 30-34 dalam tafsir Al Mishbah berisi tentang dialog Allah swt. dengan malaikat, bahwa akan diciptakannya khalifah di muka bumi ini yakni Adam dan diakhiri dengan keangkuhan Iblis yang tidak mau untuk sujud kepada Adam yang diperintahkan oleh Allah swt. Dalam penafsiran tersebut pula penulis menemukan nilai-nilai pendidikan antara lain: kedamaian, cinta, toleransi, kebahagiaan, kejujuran, rendah hati, kebebasan, kesederhanaan, kerja sama dan tanggung jawab. Semua nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam Q.S Al Baqarah ayat 30-34 tafsir Al Mishbah tersebut memiliki relevansi dengan materi Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013 baik yang terdapat dalam kompetensi inti (KI) maupun kompetensi dasar (KD

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Dwi Ratnasari, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan, Al-Qur’an, Materi PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Feb 2022 15:21
Last Modified: 24 Feb 2022 15:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49745

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum