KONSEP KELUARGA SAKINAH PERSPEKTIF PUSAT PENGARUSUTAMAAN GENDER DAN HAK ANAK (P2GHA) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

AHMAD FARIS HILMI, S.H., NIM. 18203010124 (2022) KONSEP KELUARGA SAKINAH PERSPEKTIF PUSAT PENGARUSUTAMAAN GENDER DAN HAK ANAK (P2GHA) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP KELUARGA SAKINAH PERSPEKTIF PUSAT PENGARUSUTAMAAN GENDER DAN HAK ANAK (P2GHA) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
18203010124_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KONSEP KELUARGA SAKINAH PERSPEKTIF PUSAT PENGARUSUTAMAAN GENDER DAN HAK ANAK (P2GHA) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
18203010124_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari isu ketidakadilan gender dalam ruang publik hingga saat ini masih menjadi isu aktual, kontroversial serta menjadi agenda diskusi tematik di kalangan ulama, praktisi hukum, aktivis perempuan dan akademisi terkhusus dalam kehidupan membentuk keluarga yang ideal. P2GHA sebagai lembaga yang mempunyai otoritas dalam memberikan pandangannya terhadap isuisu yang berbungan dengan realsi dalam keluarga. Pokok masalah dalam dalam penelitian ini meliputi bagaimana konsep keluarga sakinah serta bagaimana manifestasi dari konsep yang ditawarkan oleh P2GHA UIN Sunan Kalijaga. Pendekatan sosiologis-normatif digunakan dalam penelitian ini, teori utama yang dipilih adalah kemaslahatan. Teori ini membantu dalam memberikan penalaran tentang konsep keluarga sakinah. Sifat penelitian ini adalah deskriptif analitik yaitu dengan mendeskriptifkan dan menafsirkan fenomena-fenomena yang ada dalam obyek penelitian, sudut pandang, keyakinan, serta kecenderungankecenderungan yang sedang berkembang. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan para aktivis P2GHA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang selalu konsisten mengkaji serta memperjuangkan kesetaraan dan keadilan gender. Sumber data sekunder didapatkan melalui studi kepustakaan yang berkaitan dengan permasalahan di atas untuk mendukung penelitian ini berupa buku-buku yang berkaitan dengan konsep keluarga sakinah, makalah, jurnal, serta sumber-sumber penelitian lainnya. Dalam penelitian ini menemukan beberapa dua penting. Pertama dalam ranah pembaharuan hukum keluarga Islam konsep keluarga sakinah dari P2GHA sesuai dengan prinsip-prinsip kemaslatan dalam keluarga dan masyarakat sebagai manifestasi maqasid asy-syari’ah yang tujuannya untuk mendapat kemaslahatan. Kedua manifestasi dari konsep keluarga sakinah P2GHA sangat bertumpu pada dua aspek utama yaitu keadilan dan kesetaran yang pada ahirnya dapat digunakan sebagai konter-narasi konservatisme yang mana masih menempatkan perempuan dalam status yang merugikan kehidupan mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Fathorrahman Ghufron, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Konsep Hukum, Keluarga Sakinah, P2GHA UIN Sunan Kalijaga
Subjects: Ilmu Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Magister Ilmu Syari'ah (S2)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 25 Feb 2022 08:56
Last Modified: 25 Feb 2022 08:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49751

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum