KONSEP TEOLOGI ISLAM DALAM BUKU MENGENAL TUHAN BERSAMA M. QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI AKIDAH DALAM PAI

Iffah Khoiriyatul Muyassaroh, S. Pd, NIM. 19204012001 (2022) KONSEP TEOLOGI ISLAM DALAM BUKU MENGENAL TUHAN BERSAMA M. QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI AKIDAH DALAM PAI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP TEOLOGI ISLAM DALAM BUKU MENGENAL TUHAN BERSAMA M. QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI AKIDAH DALAM PAI)
19204012001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA1.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KONSEP TEOLOGI ISLAM DALAM BUKU MENGENAL TUHAN BERSAMA M. QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA TERHADAP MATERI AKIDAH DALAM PAI)
19204012001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah dalam buku Mengenal Tuhan Bersama M. Quraish Shihab, yang ditulis oleh Ali Sbramalisi. Menjelaskan konsep teologi Islam yang mudah difahami. Teologi Islam adalah kebenaran subjektif hasil daya tangkap seseorang terhadap pesan wahyu yang obyektif. Penjelasan oleh sang ulama sangat rasional dan masuk akal. Corak pembahasan nya sangat sesuai dengan kultur orang Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) Konsep teologi Islam dalam buku berjudul Mengenal Tuhan bersama M. Quraish Shihab. (2) Analisis konsep teologi Islam dalam buku Mengenal Tuhan bersama M. Quraish Shihab. (3) Relevansinya terhadap materi akidah dalam Pendidikan Agama Islam sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan deduktif dan induktif. Sumber data dalam penelitian ini di bagi menjadi dua yaitu primer dan sekunder. Analisis data dengan menggunakan metode content analysis atau analisis isi untuk menganalisis data. Tujuan Tulisan ini untuk menunjukkan pentingnya pondasi keimanan yang kokoh bagi anak agar seorang anak bisa menjadi pribadi yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep teologi dalam buku mengenal Tuhan bersama M. Quraish Shihab meliputi 2 sub bab: (1) memahami wujud Tuhan dan sarana dalam mengetahui Tuhan dengan aspek; memahami konsep ketuhanan, bukti-bukti wujud tuhan, teori pengetahuan, sumber-sumber pengetahuan, potensi-potensi pengetahuan. Dalam hal ini peneliti lebih menekankan pada memahami konsep ketuhanan yaitu Allah Maha Esa yang diyakini sebagai pencipta, pemelihara dan Yang Mahakuasa atas alam semesta. Sarana untuk yakin adanya Tuhan menggunakan akal secara rasional, hati atau kalbu, dan alat penginderaan yang lain. (2) mengenal Allah serta sifat dan perbuatannya dengan aspek; memahami zat Allah, memahami asma’ Allah, hubungan kalam dengan wahyu, hubungan alam dengan alam semesta. Dalam hal ini peneliti lebih menekankan bahwa zat Allah dapat dilihat dengan akal secara rasional yaitu eksistensi terciptanya alam semesta. Relevansi pada tingkat SD, dan SMP materi akidah lebih ditekankan terhadap 2 poin penting, pertama: pengertian Tuhan Maha Esa dengan segala bukti penciptaa-Nya, pembuktian wujud yang dapat disaksikan oleh indera, pembuktian dengan mengamati dan memperhatikan wujud alam semesta dan tanda-tanda kebesaran Tuhan. Kedua: pengenalan sifat-sifat Allah dan nama-nama Allah yaitu Asmaul-husna. Berikutnya relevansi di SMA yaitu: Meneladani Asmaulhusna dalam kehidupan. Penekanan pada materi viii asma-asma Allah pada kelas X untuk mengenal Allah dan menerapkan prilaku akhlakulkarimah dengan meneladani asma-asma Allah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Muh. Wasith Achadi, S. Ag, M. Ag,
Uncontrolled Keywords: Konsep Teologi Islam, M. Quraish Shihab, Materi Akidah, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Mar 2022 10:23
Last Modified: 01 Mar 2022 10:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49760

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum