PENGEMBANGAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA BAGI JAMAAH MAJELIS TA’LIM DI KAFE MAIN MAIN YOGYAKARTA Oleh: FAJRUS SHODIQ NIM: 19204012002 TESIS Diajukan Kepada Program Studi Magister (S2) Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Islam UIN Sunan Kalijaga untuk Memenuhi Salah Satu Syarat guna Memperoleh Gelar Magister Pendidikan (M.Pd) YOGYAKARTA 2021

Fajrus Shodiq,, NIM 19204012002, (2021) PENGEMBANGAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA BAGI JAMAAH MAJELIS TA’LIM DI KAFE MAIN MAIN YOGYAKARTA Oleh: FAJRUS SHODIQ NIM: 19204012002 TESIS Diajukan Kepada Program Studi Magister (S2) Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Islam UIN Sunan Kalijaga untuk Memenuhi Salah Satu Syarat guna Memperoleh Gelar Magister Pendidikan (M.Pd) YOGYAKARTA 2021. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA BAGI JAMAAH MAJELIS TA’LIM DI KAFE MAIN MAIN YOGYAKARTA Oleh: FAJRUS SHODIQ NIM: 19204012002 TESIS Diajukan Kepada Program Studi Magister (S2) Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Islam UIN Sunan)
19204012002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SIKAP TOLERANSI BERAGAMA BAGI JAMAAH MAJELIS TA’LIM DI KAFE MAIN MAIN YOGYAKARTA Oleh: FAJRUS SHODIQ NIM: 19204012002 TESIS Diajukan Kepada Program Studi Magister (S2) Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Islam UIN Sunan)
19204012002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari masalah intoleransi yang menyerang bangsa yang dikagumi kemajemukannya akhir-akhir ini, sehingga menyebabkan interaksi sosialnya sedikit terganggu. Melihat kondisi tersebut, kiranya perlu ada solusi konkrit yang berkelanjutan untuk menghadapi situasi tersebut. Dalam hal ini, Adanya kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di Kafe Mainmian dapat dijadikan alat untuk mewujudkan pengembangan sikap toleransi beragama. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengembangan sikap toleransi beragama bagi Jamaah Majelis Ta’lim di Kafe Mainmian Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan latar Kafe Mainmain Yogyakarta. Metode pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Pendekatan yang digunakan yaitu sosiologi. Analisis data dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, motivasi diadaknya kegiatan kegamaan bagi jamaah Majelis Ta’lim di Kafe Maimain Yogyakarta, terbagi dua: filosofis dan praktis. Secara filosofis mensyiarkan dakwah era zaman sekarang, menyampaikan Islam yang rahmah li al-‘ālamīn, Sedangkan secara praktis memberi tambahan wawasan keilmuan bagi para jamaah Majelis Ta’lim. Kedua, Implementasi kegiatan keagamaan bagi jamaah Majelis Ta’lim di Kafe Mainmian yaitu: kajian tentang kitab Ayyuhal Walad agar senantiasa mempunyai akhlak yang baik kepada Allah SWT dan manusia, selawat burdah, semaan Al-Qur’an untuk meningkatkan spiritual kepada Allah Swt, pengajian umum dalam rangka memperingati kelahiran Nabi Muhamaad Saw, takjil gratis bagi yang berpuasa hari senin dan kamis serta Bulan Ramadan, kopi selawat. Ketiga, Pengembangan sikap toleransi beragama bagi jamaah Majelis Ta’lim meliputi: saling menerima perbedaan dari berbagai ras, suku, dan budaya, menjunjung tinggi sikap saling menghormati dan menghargai, menumbuhkan keyakinan inti dasar setiap agama yaitu toleransi serta sikap saling menjaga hak dan kewajiban masing-masing. Keempat, implikasi pengembangan kegiatan keagamaan terhadap sikap toleransi beragama bagi jamaah Majelis Ta’lim, yaitu: Lebih Menghargai keyakinan orang lain, saling mengerti dan memahami, menjadikan pribadi yang santun.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ahmad Arifi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Toleransi Beragama, Jamaah Majelis Ta’lim, Kafe Mainmian
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Feb 2022 16:19
Last Modified: 25 Feb 2022 16:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49762

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum