MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 3 LUMAJANG

Eliana Nurlaeli,, NIM. 19204012005. (2021) MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 3 LUMAJANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 3 LUMAJANG)
19204012005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 3 LUMAJANG)
19204012005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang model pembelajaran blended learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 3 Lumajang. Pembelajaran secara online dianggap belum mampu dalam membina sikap dan mengembangkan potensi kreativitas siswa. Model pembelajaran blended learning hadir sebagai solusi pembelajaran di masa pandemi covid-19. Sistem kolaborasi pembelajaran tatap muka dan online dianggap efektif dalam membentuk kualitas siswa baik dalam segi intelektual maupun pembentukan akhlak di masa pandemi covid-19. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan model blended learning di SMA Negeri 3 Lumajang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan analisis dekriptif kualitatif. Metode penentuan subjek menggunakan purposive sampling. Terdapat empat informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI dan siswa. Metode pengumpulan data melalui observasi,wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti dengan penerapan model blended learning dengan penyusunan Silabus dan RPP sesuai kurikulum 2013 bertujuan untuk mengembangkan nilai religius, kreatifitas, tanggung jawab, kedisiplinan dan kejujuran pada siswa; 2) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan penerapan model blended learning menggunakan sistem tatap muka dan online dengan media whatsapp, SIMA dan TEAMS dengan metode PjBL pendekatan STEM membantu meningkatkan kreatifitas siswa, jiwa kepedulian sosial dan lingkungan serta meningkatkan karakter kedisiplinan siswa; 3) Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan model blended learning menggunakan penilaian formatif dan sumatif membantu meningkatkan nilai kejujuran dan nilai tanggung jawab pada diri siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Dwi Ratnasari, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Blended learning, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Feb 2022 16:20
Last Modified: 25 Feb 2022 16:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49763

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum