INTERNALISASI NILAI MODERASI ISLAM DI MA ZUMROTUL WILDAN NGABUL TAHUNAN JEPARA

Muhammad Nurul Mubin, NIM: 19204012020 (2021) INTERNALISASI NILAI MODERASI ISLAM DI MA ZUMROTUL WILDAN NGABUL TAHUNAN JEPARA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERNALISASI NILAI MODERASI ISLAM DI MA ZUMROTUL WILDAN NGABUL TAHUNAN JEPARA Oleh : Muhammad Nurul Mubin NIM: 19204012020 TESIS Diajukan kepada Program Magister (S2) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga untuk Memenuhi Salah Satu Syarat)
19204012020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (INTERNALISASI NILAI MODERASI ISLAM DI MA ZUMROTUL WILDAN NGABUL TAHUNAN JEPARA Oleh : Muhammad Nurul Mubin NIM: 19204012020 TESIS Diajukan kepada Program Magister (S2) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga untuk Memenuhi Salah Satu Syarat)
19204012020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah melihat berbagai kondisi dan kejadian-kejadian intoleran yang semakin marak. Perilaku-perilaku tersebut menjalar sampai dunia pendidikan mengakibatkan perlunya ada langkah prefentif. Nahdlatul Ulama adalah salah satu organisasi kemasyarakatan yang mencoba menanamkan moderasi Islam di lingkungan pendidikan lewat mengajarkan mata pelajaran Ke-NU-an berwawasan At-Tawāsuṭ Wal-I’tidāl di MA Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menjelaskan pentingnya internalisasi nilai moderasi Islam melalui pembelajaran materi Ke-NU-an berwawasan At-Tawāsuṭ Wal-I’tidāl di MA Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara . (2) Mendeskripsikan proses internalisasi nilai moderasi Islam melalui pembelajaran materi Ke-NU-an berwawasan At-Tawāsuṭ Wal-I’tidāl di MA Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara. (3) Mendeskripsikan implikasi internalisasi nilai moderasi Islam melalui pembelajaran materi Ke-NU-an berwawasan At-Tawāsuṭ Wal-I’tidāl serta di MA Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara. (4) Mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung internalisasi nilai moderasi Islam melalui pembelajaran materi Ke-NU-an berwawasan At-Tawāsuṭ Wal-I’tidāl di MA Zumrotul Wildan Ngabul Tahunan Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun dalam teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data penelitian dianalisis menggunakan analisis kualitatif yaitu reduksi data, verivikasi, dan kesimpulan. Selanjutnya dalam pengujian keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi data, yaitu triangulansi teknik, triangulansi sumber, dan triangulansi waktu Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Pentingnya internalisasi nilai moderasi Islam melalui pembelajaran materi Ke-NU-an berwawasan At-Tawāsuṭ Wal-I’tidāl di MA Zumrotul Wildan Ngabul yaitu pembelajaran materi Ke-NU-an menjadi salah satu muatan lokal disetiap sekolah yang berafiliasi dengan LP.Ma’arif. Selanjutnya, internalisasi ini menjadi satu kesatuan dengan penanaman nilai Aswajah Nahdliyah melalui pembelajaran materi Ke-NU-an dengan didukung dengan lingkungan pembelajaran dan kegiatan-kegiatan ekstra dengan berbasiskan NU, internalisasi ini juga sudah sesui dengan kampanye penanaman moderasi Islam di sekolah. Kedua, Proses internalisasi nilai moderasi Islam melalui pembelajaran materi Ke-NU-an berwawasan At-Tawāsuṭ Wal-I’tidāl di MA Zumrotul Wildan Ngabul yakni 1) Knowing, melalui pembelajaran di kelas dengan metode TCL (teachers Centered learning) dengan pendekatan CTL (contextual teaching and learning) dan metode diskusi kelompok, 2) Felling, Proses penguatan ini juga bukan hanya semata-mata melalui pembelajaran di dalam kelas, guru menggunakan metode peneladanan dan pembiasaan. 3) Doing, Internaliasi moderasi Islam diperkuat dengan kegiatan ekstrakulikuler melalui IPNU dan IPPNU dengan penguatan karakter warga NU yang moderat seperti melakukan kegiatan amliyah NU. Ketiga, Implikasi dari internalisasi nilai moderasi Islam melalui pembelajaran materi Ke-NU-an berwawasan At-Tawāsuṭ Wal-I’tidāl di MA Zumrotul Wildan Ngabul yakni: 1) Siswa memahami realitas. Dikemukakan bahwa Islamitu relevan untuk setiap zaman dan waktu (shalih li kulli zaman wa makan). 2) Siswa memahami fiqih prioritas. 3) Memahami teks keagamaan secara komprehensif. 4) Bersikap toleran. Keempat, Faktor penghambat yang memengaruhi yaitu dukungan guru dan sekolah, dan ikutnya siswa dalam organisasi internal maupun eksternal sekolah yang berbasis NU. Adapun Faktor pendukung terletak pada motivasi kurang dari siswa, lingkungan dan latar belakang, distribusi buku LP. Ma’arif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ahmad Arifi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Nilai, Moderasi Islam, Pembelajaran materi Ke-NU-an, At-Tawāsuṭ Wal-I’tidāl
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Feb 2022 16:19
Last Modified: 25 Feb 2022 16:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49766

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum