PENANAMAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DAN PEDULI LINGKUNGAN DI MTS DARUL HUDA MAYAK PONOROGO

Indra Prajoko,, NIM.19204012039. (2021) PENANAMAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DAN PEDULI LINGKUNGAN DI MTS DARUL HUDA MAYAK PONOROGO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DAN PEDULI LINGKUNGAN DI MTS DARUL HUDA MAYAK PONOROGO)
19204012039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DAN PEDULI LINGKUNGAN DI MTS DARUL HUDA MAYAK PONOROGO)
19204012039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan karakter adalah salah satu pendidikan akhlak untuk diterapkan di lembaga pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan 18 nilai karakter yang bisa diterapkan salah satunya nilai karakter peduli sosial dan peduli lingkungan. Dalam pelaksanaan nilai karakter peduli sosial dan peduli lingkungan sangat berkaitan dengan konsep moral (moral knowing), sikap moral (moral felling), dan perilaku moral (moral behavior). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui konsep dan alasan MTs Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo menanamkan nilai karakter peduli sosial dan peduli lingkungan, mendeskripsikan implementasi penanaman nilai karakter peduli sosial dan peduli lingkungan di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo, mengetahui hasil penanaman nilai karakter peduli sosial dan peduli lingkungan di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo, dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai karakter peduli sosial dan peduli lingkungan di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun dalam teknik pengumpulan data dilakukan melalui ovservasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data penelitian dianalisis menggunakan analisis kualitatif yaitu reduksi data, verifikasi, dan triagulasi data, yaitu triagulasi teknik triagulasi sumber, dan triagulasi waktu. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh hasil yaitu 1) Penanaman nilai karakter peduli sosial dan peduli lingkungan di MTs Darul Huda telah dilakukan dengan pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki oleh guru, tetapi belum maksimal terutama dalam penanaman sikap kepedulian. 2) Implementasi penanaman nilai peduli sosial direalisasikan melalui program sumbangan, bakti sosial, poster beresensi motivasi, serta integrase dalam budaya sekolah. Sedangkan implementasi penanaman nilai peduli lingkungan direrealisasikan melalui program kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif. 3) Hasil penanaman nilai karakter peduli sosial dan peduli lingkungan dalam bidang kognitif peserta didik dapat memahami esensi serta makna tentang tolong-menolong, memberikan sumbangan, tegur sapa, serta bakti sosial, lingkungan hidup, serta pemilihan sampah organik dan non organik. Aspek afektif, peserta didik memiliki rasa simpati terhadap sesama, empati, juga sikap tegur sapa. Kemudian peserta didik memiliki rasa tanggung jawab atas lingkungan sekitar sehingga menciptakan lingkungan hidup yang ditandai dengan adanya taman madrasah. Kemudian dalam aspek psikomotorik peserta didik memiliki sikap tolong menolong, tegur sapa, simpati juga empati terhadap sesama serta siswa melaksanakan pemilihan sampah dan membuang pada tempatnya. 4) Faktor pendukung dalam penanaman nilai karakter peduli sosial dan peduli lingkunga diantara sebagai berikut: faktor keagamaan, karakteristik siswa, latar belakang ekonomi, sarana dan prasarana, hubungan baik madrasah dengan masyarakat, tenaga yang memadai, serta kerjasama antara kepala madrasah. Kemudian, faktor penghambat penanaman nilai karakter peduli sosial dan peduli lingkungan diantara sebagai berikut: karakteristik siswa, lingkungan madrasah, karakter siswa yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Usman, SS., M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter Peduli Sosial, Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Feb 2022 16:18
Last Modified: 25 Feb 2022 16:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49768

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum