KAUM MUDA : ALASAN DAN INISIASI DALAM SUFISME (STUDI ATAS KETERLIBATAN PEMUDA DALAM JAMAAH SEWELASAN MANAQIB JAWAHIRUL MA’ANI THORIQUL MUSTHOFA BOYOLALI)

Ahmad Maulana Shodiq, NIM.: 17105040017 (2021) KAUM MUDA : ALASAN DAN INISIASI DALAM SUFISME (STUDI ATAS KETERLIBATAN PEMUDA DALAM JAMAAH SEWELASAN MANAQIB JAWAHIRUL MA’ANI THORIQUL MUSTHOFA BOYOLALI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KAUM MUDA : ALASAN DAN INISIASI DALAM SUFISME (STUDI ATAS KETERLIBATAN PEMUDA DALAM JAMAAH SEWELASAN MANAQIB JAWAHIRUL MA’ANI THORIQUL MUSTHOFA BOYOLALI))
17105040017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KAUM MUDA : ALASAN DAN INISIASI DALAM SUFISME (STUDI ATAS KETERLIBATAN PEMUDA DALAM JAMAAH SEWELASAN MANAQIB JAWAHIRUL MA’ANI THORIQUL MUSTHOFA BOYOLALI))
17105040017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tarekat adalah sebuah jalan yang ditempuh oleh para sufi untuk mendapatkan makna hidup yang hakiki. Di Indonesia, tarekat berkembang pesat dan bahkan terdapat beberapa pusat tarekat di Indonesia. Pada era modern saat ini, tarekat tak hanya digandrungi oleh kalangan tua tetapi juga generasi muda. Saat ini tarekat tak hanya dilihat sebagai urusan spiritualitas, tetapi juga berkaitan dengan gerakan sosial. Berawal dari itu, penelitian ini dimulai. Penelitian ini ingin menggali motif berupa latar belakang dan tujuan yang mendorong para pemuda terlibat hingga membentuk suatu gerakan sosial dan aktivisme dalam aktivisme sufistik. Penelitian ini termasuk dalam jenis kualitatif dan merupakan penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Setiap data yang didapat kemudian dianalisis melalui tiga tahapan. Pertama, reduksi data untuk memilah data yang sesuai dengan kebutuhan penelitian. Kedua, penyajian data yang termasuk proses penyusunan dari data yang sudah diperoleh dengan cara menarik sebuah kesimpulan yang kemudian dianalisis dan diambil sebuah tindakan yang sesuai dengan pemahaman yang didapat dari penyajian data sebelumnya. Ketiga, penarikan kesimpulan atau proses penggambaran dari data yang sudah ditampilkan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa terdapat beberapa motif yang melatarbelakangi terkonstruksinya gerakan sosial dan aktivisme pemuda dalam jamaah tarekat. Pertama, adanya dorongan dari tokoh keagamaan setempat yang kemudian memunculkan ide dan gagasan dari para pemuda untuk melakukan inisiasi dalam jamaah Tarekat. Kedua, adanya kesadaran sosial yang memicu tindakan kolektif atau collective action dari para pemuda. Kesadaran tersebut merupakan kesadaran untuk sama-sama melestarikan tradisi keagamaan yang berdampak baik bagi masyarakat. Ketiga, kesadaran beragama dari para pemuda yang kemudian para pemuda menekuni dan terlibat dalam jamaah tarekat. Keempat, respon sosial para pemuda sebagai tanggapan atas perubahan sosial yang terjadi di dusun Ngegot. Perubahan sosial yang terjadi meliputi degradasi moral dan etika serta penurunan antusias terhadap kegiatan keagamaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: M. Yaser Arafat, M.A.
Uncontrolled Keywords: Tarekat, Motif, Aktivisme Pemuda, Inisiasi
Subjects: Sosiologi Agama
TASAWUF > Tareqoh / Tarekat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 01 Mar 2022 09:49
Last Modified: 01 Mar 2022 09:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49771

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum