KOMODIFIKASI NILAI ISLAM DALAM IKLAN PEPSODENT SIWAK (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Nurul Qamariyah, NIM.: 17105040057 (2021) KOMODIFIKASI NILAI ISLAM DALAM IKLAN PEPSODENT SIWAK (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMODIFIKASI NILAI ISLAM DALAM IKLAN PEPSODENT SIWAK (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES))
17105040057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KOMODIFIKASI NILAI ISLAM DALAM IKLAN PEPSODENT SIWAK (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES))
17105040057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Iklan Pepsodent Siwak yang sudah dicampuri dengan butiran kayu siwak asli di dalamnya menjadikan iklan Pepsodent Siwak ini menggunakan atribut-atribut Islam seperti “dapat menjalankan ibadah sunah dengan mudah”. Untuk menarik minat konsumen termasuk konsumen yang beragama Islam dan dimanfaatkan sebagai nilai kebenaran dalam sebuah produk dan dijadikan sebagai komoditas nilai agama. Hal tersebut mengubah fungsi nilai Islam menjadi nilai tukar. Oleh karena itu, agama Islam sebagai pemanfaatan kepentingan tertentu. Selain itu, dalam iklan tersebut tidak hanya menjelaskan komodifikasi Islam, tetapi juga menjelaskan makna iklan Pepsodent Siwak. Dengan demikian, penelitian ini dapat berupaya mengungkap makna dalam iklan Pepsodent Siwak dan untuk mengetahui bentuk komodifikasi nilai Islam dalam iklan Pepsodent Siwak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis model semiotika Roland Barthes, yaitu makna denotasi, konotasi, dan mitos. Tiga tahap tersebut dilalui dalam rangka menggali pemaknaan iklan Pepsodent Siwak sebagai unit analisis kebahasaan dan visual, serta menggali pemaknaan iklan Pepsodent Siwak sebagai unit analisis mitos. Untuk mengidentifikasi beberapa scene yang terdapat simbol dan makna pada iklan Pepsodent Siwak dapat diindikasikan dengan terjadinya komodifikasi nilai Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi tidak langsung dan dokumentasi. Dari Hasil penelitian iklan Pepsodent Siwak menjelaskan bahwa pemaknaan denotasi merupakan peran pengiklan atau produser yang mengajak para konsumen agar mengkonsumsi produk-produk Pepsodent, salah satunya Pepsodent Siwak melalui bentuk visual, audio, dan teks yang terkait dengan simbol-simbol Islam. Tujuannya untuk menarik perhatian khalayak atau masyarakat agar membeli dan menggunakan produk tersebut, sehingga masyarakat atau konsumen muslim dapat mengambil keputusan untuk memilih produk Pepsodent Siwak yang dipengaruhi oleh faktor sikap orang lain, pengaruh situasional dan faktor budaya konsumen. Makna konotasi dalam mempromosikan produk Pepsodent Siwak dengan bersikap ramah dan luwes untuk menarik perhatian konsumen. Penggunaan simbol Islam dalam iklan Pepsodent Siwak merupakan konsep yang telah diatur dengan sedemikian rupa oleh pengiklan atau produser yang bertujuan untuk mempromosikan produk Pepsodent Siwak, sehingga terjadi pengalihan fungsi pada nilai Islam yaitu nilai guna menjadi nilai tukar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Adib Sofia, S.S, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Komodifikasi Nilai Islam, Iklan Pepsodent Siwak, Roland Barthes.
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Mar 2022 10:23
Last Modified: 01 Mar 2022 10:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49773

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum