PENDIDIKAN PRENATAL DALAM PERSPEKTIF HADIS (STUDI MA’ANI AL-HADIS)

Mehri Lubna Sam, NIM.: 17105050057 (2022) PENDIDIKAN PRENATAL DALAM PERSPEKTIF HADIS (STUDI MA’ANI AL-HADIS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN PRENATAL DALAM PERSPEKTIF HADIS (STUDI MA’ANI AL-HADIS))
17105050057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (875kB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN PRENATAL DALAM PERSPEKTIF HADIS (STUDI MA’ANI AL-HADIS))
17105050057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses yang melibatkan antara pendidik dan peserta didiknya, dilakukan secara konsisten sebagai upaya untuk mengembangkan kualitas dan potensi diri pada peserta didiknya. Orang tua menjadi pendidik pertama dalam mendidik anaknya, sebab anak merupakan amanah dari Allah Swt yang perlu dijaga fitrahnya. Islam sangat menganjurkan orang tua untuk memberikan pendidikan terbaik pada anak-anaknya, terutama dalam memberikan pendidikan agama dan akhlak. Islam membagi proses pendidikan pada anak menjadi dua periode, diantaranya: pada masa periode prenatal (sebelum dilahirkan) dan periode postnatal (setelah melahirkan). Banyak orang tua yang mengira bahwa memberikan pendidikan pada anak dilakukan sejak anak telah dilahirkan, tetapi, jauh sebelum itu memberikan pendidikan pada anak dapat dilakukan sejak masa prenatal (sebelum dilahirkan) yaitu dimulai sejak seseorang memilih pasangan hidupnya dan memberikan pendidikan pada anak sejak masa kehamilan. Meskipun pendidikan prenatal merupakan pendidikan yang sangat singkat, akan tetapi, pendidikan prenatal merupakan pendidikan paling pengaruh bagi perkembangan mental dan karakter anak setelah dilahirkan. Dalam kajian ini, penulis melakukan kajian mendalam terkait makna yang terkandung dalam teks hadis tentang pendidikan prenatal, sehingga dapat diketahui apakah hadis tersebut dapat dimaknai secara tekstual atau kontekstual, yang bersifat individu, lokal, tempo atau bersifat universal serta membicarakan konteks sosial ketika hadis itu muncul. Adapun pembahasan hadis tentang pendidikan prenatal yang tercakup dalam skripsi ini membahas tentang pemahaman dan pemaknaan tentang hadis-hadis prenatal serta merelevansikan hadis-hadis pendidikan prenatal perkembangan zaman saat ini. Dalam kajian ini penulis menerapkan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif-analisis. Penulis mengumpulkan data menggunakan data primer dan data skunder. Data primer yang penulis gunakan adalah redaksi-redaksi hadis primer dalam al-Kutub al-Tis’ah juga kitab-kitab syarḥ al-hadis dan kitab asbāb al-wurūd. Sedangkan data sekunder adalah literatur-literatur yang berkaitan dengan pembahasan masalah pendidikan prenatal secara umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Indal Abror, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Prenatal, Memilih Pasangan, Kehamilan, Ma'ani al-Hadis
Subjects: Hadis
Hadis > Kumpulan Hadis
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Mar 2022 12:00
Last Modified: 01 Mar 2022 12:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49776

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum