STUDI KRITIK SANAD DAN MATAN HADIS KEUTAMAAN BULAN SYA’BAN DALAM KITAB FADAIL AL-AWQAT KARYA IMAM AL-BAIHAQI

Nur Istiqomah, NIM.: 17105050072 (2022) STUDI KRITIK SANAD DAN MATAN HADIS KEUTAMAAN BULAN SYA’BAN DALAM KITAB FADAIL AL-AWQAT KARYA IMAM AL-BAIHAQI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KRITIK SANAD DAN MATAN HADIS KEUTAMAAN BULAN SYA’BAN DALAM KITAB FADAIL AL-AWQAT KARYA IMAM AL-BAIHAQI)
17105050072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STUDI KRITIK SANAD DAN MATAN HADIS KEUTAMAAN BULAN SYA’BAN DALAM KITAB FADAIL AL-AWQAT KARYA IMAM AL-BAIHAQI)
17105050072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Hadis mempunyai dua unsur yaitu sanad dan matan, yang harus diteliti guna mengetahui kualitas dari hadis itu tersebut. Hal tersebut dilakukan bukan karena meragukan hadis Nabi saw, melainkan agar sebuah hadis dapat dipertanggung jawabkan keasliannya. Semasa Nabi saw kualitas hadis itu sendiri terjamin dengan baik. Namun ketika wafatnya Nabi dan terjadi perang saudara, dusta dan hawa nafsu terhadap hadis Nabi mempengaruhi pemikiran mereka demi kepentingan partai atau alirannya. Hal itu yang menjadikan suatu hadis tidak dapat secara langsung diamalkan tanpa mengetahui bagaimana kualitas dari hadis tersebut. Dalam penelitian hadis terkadang ditemukan kualitas pada sanadnya sahih namun dari segi matan mempunyai kualitas yang da’if, begitupun sebaliknya. Sanad sebagai aspek pertama yang dijadikan tolak ukur, untuk mengetahui keaslian sebuah hadis apakah berasal dari Nabi saw ataukah dari sumber yang lain. Hadis-hadis keutamaan bulan sya’ban yang terdapat dalam kitab Fadail al-Awqat belum pasti diketahui kualitasnya sahih, hasan, maupun da’if. Kemungkinan dalam sanad hadisnya sahih, namun dalam segi kualitas matannya da’if, dan mungkin sebaliknya. Sedangkan matan sebagai aspek kedua yang diteliti juga tidak bisa langsung diterima tanpa melihat susunan redaksi hadis dan makna yang terkandung didalamnya yang diolah dengan pemahaman yang sebaik-baiknya. Adanya penelitian hadis ini berawal dari beberapa rumusan masalah yaitu bagaimana kualitas sanad hadis keutamaan bulan sya’ban dalam kitab Fadail al-Awqat, dan bagaimana kualitas matan hadis keutamaan bulan sya’ban serta bagaimana pemaknaan global dari matan tersebut. Untuk mengetahui hal tersebut dilakukan penelitian dengan menganalisa data-data sanad dan matan hadis keutamaan bulan sya’ban dalam kitab Fadail al-Awqat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berdasarkan kepustakaan (library research) yang meliputi pengumpulan data dari berbagai kitab, buku, jurnal, kamus, skripsi, tesis, serta literature lainnya. Setelah dilakukan penelitian, dari empat hadis keutamaan bulan sya’ban yang terdapat dalam kitab Fadail al-Awqat ditemukan hasilnya yaitu dua hadis mempunyai kualitas sahih, satu hadis hasan, dan satu hadis da’if. Walaupun terdapat hadis yang mempunyai kualitas da’if namun keseluruhan hadis keutamaan bulan sya’ban dalam kitab Fadail al-Awqat dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari guna memacu semangat untuk selalu beramal baik dan mendekatkan diri kepada Allah swt.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Achmad Dahlan, Lc., M.A
Uncontrolled Keywords: Sanad, Matan, Sya’ban
Subjects: Islam dan Pemikiran
Hadis > Kumpulan Hadis
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Mar 2022 12:12
Last Modified: 01 Mar 2022 12:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49777

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum